manfaat buah alpukat

manfaat buah alpukat

manfaat buah alpukat

manfaat buah alpukat menurut jenis kulitnya, alpukat dapat digolongkan jadi tiga varietas, yakni varietas Meksiko, Guatemala, dan India Barat. Varietas Meksiko yang berkulit tipis,halus,dan mengkilap menghasilkan buah bertipe kecil dengan berat rata-rata 85-340 gram. Varietas Guatemala yang berkulit relatif tebal dan kasar menghasilkan buah berbobot lebih kurang 340-560 gram. Sementara varietas India Barrat berkulit halus lentur, berukuran sedang. Jenis alpukat yang digemari di Indonesia adalah alpukat mentega dan dua varietas alpukat yaitu alpukat hijau panjang dan hijau bundar.
alpukat kaya akan mineral kalium (604 mg per 100 g), tetapi miskin mineral natrium (4 mg/100 g). perbandingan kalium terhadap natriu (4 mg/100 g). Setiap 100 g alpukat juga memasok serat cukup tinggi (1,6 g), vitamin A 290 IU dn folosin 51 ug. Kadar lemak yang terdapat dalam alpukat sekitar 16 persen. Jadi, tiap 100 g alpukat kurang lebih mengandung energi/kalori 167 Kal, tergantung pada banyaknya kandungan lemaknya. Sebagian besar yaitu 63 persen lemak tersebut terdiri dari asam lemak tidak jenuh, terutama asam lemak tak januh tunggal (monounsaturated fatty acid / MUFA).

manfaat buah alpukat

sebenarnya sangat baik bagi jantung namun Alpukat selama ini cenderung dihindari oleh mereka yang kegemukan atau yang memiliki gangguan seputar jantung karena alpukat sarat lemak. Kebanyakan buah-buahan umumnya rendah lemak, alpukat tergolong tinggi lemak, tetapi tidak banyak orang tahu mayoritas lemak alpukat terdiri atas asam lemak tak jenuh, yaitu komponen lemak yang justru bermanfaat menurunkan kolestrol darah. Alpukat juga mengandung senyawa peningkat fungsi kekebalan tubuh, membantu mencegah penyakit infeksi yang berhubungan dengan AIDS. Makan alpukat 1/2 - 1 1/2 potong ukuran rata-rata 200-500 g sehari dapat mengurangi pola makan rendah lemak untuk menurunkan kolestrol darah.

0 Response to "manfaat buah alpukat"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak dan membangun dan tetap salalu menjungjung dengan komentar yang baik :) juga terima kasih atas kunjungannya di blog artikel terbuka