sebab-sebab ketegangan jiwa

hai sobat kali ini artikel saya berjudul

penyebab ketegangan jiwa

sebab-sebab ketegangan jiwa
sebab-sebab ketegangan jiwa
 sumber gambar di sini
Ketegangan jiwa atau stres, pada dasarnya adalah suatu penyakit kejiwaan yangdisebabkan karena terganggunya emosional seseorang secara berkepanjangan. Adapun sumber permasalahannya, berkisar sekitar masalah-masalah : rumah tangga, pekerjaan, karir dan cita-cita, serta cinta. Adapunjenis ketegangan jiwa, pada dasarnya tidak terlepas dari sumber pokok permasalahan yang disebutkan di atas itu. Dari permasalahan tersebut, inti persoalan adalah sama, yaitu : kecewa terhadap situasi yang terjadi karena tidak sesuai dengan apa yang diinginkan. Dengan kata lain : kecewa karena tidak tercapai keinginannya, dan tidak bisa menerima kenyataan atau realitas !
Inti persoalan tersebut bisa kita jabarkan lagi dalam beberapa situasi kejiwaan tidak sehat, di antaranya:
  1. Perasaan cemas dan khawatir yang terus menerus bila tidak tercapai keinginan dan cita-citanya.
  2. Konflik batin, dalam hal ini kesulitan bertindak karena menghadapi alternatif-alternatif yang sama-sama beratnya. 
  3. Adanya rongrongan yang terus-menerus, sehingga menyebabkan seseorang merasa tidak aman dalam posisinya.
  4. Rasa sedih dan kecewa yang mendalam terhadap situasi atau kejadian yang menimpa dirinya, atau tidak bisa menerima kenyataan yang terjadi.
Berawal dan berasal dari beberapa situasi kejiwaan tersebut, bila berlangsung secara berkepanjangan, maka tanpa disadari seseorang bisa terserang ketegangan jiwa atau stres.

Dalam situasi ini, emosi dan perasaan menjadi dominan sekali, bahkan kadang-kadang berlebihan, sehingga perbuatan dan tindakannya sering-sering mengabaikan pikiran dan akal sehat.

baca juga orang paling bijak di antara orang bijak

0 Response to "sebab-sebab ketegangan jiwa"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak dan membangun dan tetap salalu menjungjung dengan komentar yang baik :) juga terima kasih atas kunjungannya di blog artikel terbuka