manfaat terong siam

Terong siam

manfaat terong siam

(solonum sanitwongsei) adalah sejenis terong yang mempunyai bentuk yang kecil, dengan panjang kurang lebih 3-5cm, bulat agak lonjong. Sewaktu masih muda berwarna hijau tetapi setelah masak akan berwarna kuning atau oranye. Tanaman ini bisa tumbuh di semak dengan tinggi mencaai kurang lebih 2 meter. Bentuk daun terong siam adalah tunggal dan berbentuk lonjong. Mempunyai panjang 4-10 cm dan lebarnya 3-7 cm, tepinya rata dengan ujung yang runcing, berbulu panjang pada tangkainya sekitar 1 cm. Bunganya mejemuk tersusun sebagai tandan, berbulu dan panjang tangkai kurang lebih 2 cm berwarna ungu. Kelopaknya bertajuk 5, berwarna hijau keunguan, benang sari berwarna kuning, putik berbulu dengan panjang tangkai kurang lebih 0,5 cm dan mempunyai biji. Kandungan yang terdapat pada terong siam adalah polifenol, alkaloida dan folavonoida.

Manfaat dan khasiat Terong siam

terong siam mempunyai khasiat sebagai obat nyeri haid,kencing manis,tekanan darah tinggi dan jerawat. sedangkan bijinya berkhasiat untuk mengobati sakit gigi atau gusi bengkak.

  • Nyeri haid ------> Ambillah 20 gram buah terong siam segar kemudian dicuci dan dipotong-potong. Rebuslah dengan menggunakan air 1 gelas selama 16 menit. setelah dingin airnya, kemudian disaring dan diminum sekaligus.
semoga bermanfaat artikel tentang manfaat terong siam 

0 Response to "manfaat terong siam"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak dan membangun dan tetap salalu menjungjung dengan komentar yang baik :) juga terima kasih atas kunjungannya di blog artikel terbuka