manfaat buah kelengkeng

manfaat buah kelengkeng

manfaat buah kelengkeng
Kelengkeng adalah buah yang mempunyai rasa manis,gurih. Berkulit coklat dan berbiji hitam didalamnya. Mudah dan banyak untuk mendapatkan buah kelengkeng karena kini kelengkeng telah dibudidayakan tanpa mengenal musim. Di Yogyakarta khususnya Bantul telah menjadi sumber penghasil kelengkeng. kelengkeng sering disebut sebagai makanan Dewa di Cina. Buah kelengkeng mengandung sukrosa, glukosa, protein, lemak, vitamin A, B dan asam tertarik. Sedangkan bijinya mengandung saponin, pigmen dan asam amino serta tanin. Di Thailand pun kini telah mengolah biji kelengkeng sebagai campuran dalam pembuatan sampoo.

Buah Kelengkeng mempunyai manfaat besar bagi kehidupan selain menjadi buah santapan juga bisa menyembuhkan penyakit.

Khasiat Kelengkeng

Penyakit yang dapat disembuhkan adalah insomnia , anemia, mata kabur, pusing, depresi maupun gangguan mental, memperkuat limpa, memperkaya darah serta meningkatkan kekuatan dan mengendurkan saraf. Berikut ini adalah contoh pemakaian sebagai pengobatan:

  • Mata kabur
Ambillah buah kelengkeng kurang lebih 15 gram dalam kondisi masih segar, 30 gram daging sapi bebas lemak dan 2 iris jahe segar serta 1 takaran anggur beras. Semua bahan dikukus hingga matang dan dalam keadaan hangat segera dimakan, lakukan pengobatan setiap pagi. Pengobatan dengan cara ini bisa diberikan pada penderita yang merasakan lemah setelah menderita sakit dan pusing.

  • Insomnia
Ambillah 15 gram buah kelengkeng dan 6 gram buah kurma Cina yang sudah diasamkan. Kemudian kedua bahan tersebut dikukus hingga matang. Dalam keadaan matang segera dimakan, lakukanlah hal ini sekali dalam sehari. Ramuan ini juga bisa diberikan kepada pengidap gangguan jantung, kehilangan vitalitas, depresi dan berkeringat dingin.

0 Response to "manfaat buah kelengkeng"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak dan membangun dan tetap salalu menjungjung dengan komentar yang baik :) juga terima kasih atas kunjungannya di blog artikel terbuka