khasiat dan manfaat wijen

khasiat dan manfaat wijen

khasiat dan manfaat wijen
sumber gambar: http://sidomi.com/50848/manfaat-wijen-anti-kanker-dan-kecantikan/

Wijen adalah tummbuhan berbatang lunak tidak berkayu yang mempunyai polong berumah 4. wijen tumbuh didataran rendah hingga ketinggian 1200 meter dpi. Tumbuhan ini baik tumbuh didaerah yang mempunyai iklim kering dan panas dengan curah hujan 50-115 cm per tahun. Wijen tidak tahan dengan genangan air dan gulam yang mengganggukannya.

Biji Wijen sangat banyak manfaatnya baik unutk masakan maupun obat-obatan. Dalam dunia masak-memasak, wijen dapat dijadikan minyak maupun hiasan suatu kue yang ditaburkan diataskannya misalnya masakan kalkun, onde-onde, permen ataupun enting-enting. Minyak dari wijen yang berkualitas rendah biasanya dipakai unutk membuat cat, sabun, minyak pelicin dan lilin. Sedangkan dari ampasnya bisa unutk makan ternak.

 

Khasiat Wijen

  • Kolera, disentri, diare
Ambillah beberapa daun wijen kemudian cuci hingga bersih dan kemudian daun diremas-remas hingga mengeluarkan lendir. Dan lendir itulah yang dipakai untuk menyembuhkan penyakit tersebut.
  • Gangguan saluran kencing
Ambillah daun wijen kurang lebih 1-2 lembar kemudian dicuci hingga bersih. Remas-remaslah daun wijen bersama dengan 1 gelas air yang matang kemudian saring dan minum. Atau bila menggunakan wijen yang telah dikeringkan bisa diseduh dengan air panas.
  • Memperbanyak produk ASI
Ambillah sesendok biji wijen kemudian dihaluskan dengan 1 ibu jari kencur hingga lumat. Kemudian di oleskan diatas kelenjar susu yang sedang berfungsi.
  • Kerontokan rambut
Rambut yang rusak dan rontok dapat dicegah dengan menggunakan daun wijen yang diremas-remas dengan sedikit air kemudian lakukan pemijitan ringan pada akar-akar rumput.
  • Meredahkan demam
Ambillah beberapa daun wijen yang telah dicuci hingga bersih. Kemudian lumatkan atau haluskan daun wijen tersebut. Ambillah secukupnya untuk ditapalkan pada dahi, pelipis kiri dan kanan, sipenderita sebaliknya beristirahat agar tapalan tersebut tidak mudah jatuh dan tetap menempel dengan baik.

0 Response to "khasiat dan manfaat wijen"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak dan membangun dan tetap salalu menjungjung dengan komentar yang baik :) juga terima kasih atas kunjungannya di blog artikel terbuka