manfaat tumbuhan gude

manfaat tumbuhan gude

manfaat tumbuhan gude
sumber gambar:http://en.news.viva.co.id/news/read/171303-paru-paru-pria-itu-tumbuh-tanaman-kacang

Tumbuhan gude (Cajanus cajan) ini dapat ditemukaan dari dataran rendah sampai 2000 meter di atas permukaan laut. Pertumbuhannya memerlukan banyak cahaya matahari dan tidak tahan terhadap kondisi lembab. Nama lian dari Gude adalah kacang bali.

Tumbuhan ini mempunyai tinggi berkisar 1-2 meter. Batangnya berkayu,bulat,beralur, berbulu, hijau kecoklatan. Daunnya berkumpul tiga, bertangkai pendek. Helai daun bulat sampai elips, tersebar, ujung dan pangkal runcing, tapi rata, pertulangan menyirip, warnanya hijau. Perbungaan majemuk, keluar dari ketiak daun, bentuk tandan, karangan bunga 13-30 cm, mahkota bentuk kupu-kupu, kuning. Buahnya panjang 4-10 cm, berbulu, pipih, hijau. Bijinya kecil dan bulat. Warna kulit biji bisa putih keabu-abuan, kuning, cokelat atau hitam.

Tumbuhan gude mengandung zat kimia, daunnya mengandung flavonoida, saponin dan polifenol. Sedangkan pada batangnya mengandung flavonoida, saponin dan tanin.


Khasiat Gude

  • Penyakit Kurap 
Ambil 2 genggam daun Gude yang masih segar lalu direbus dan kemudian diminum. Untuk pemakaian luar dapat pula daun segar tersebut di giling halus, lalu digunakan untuk menutup penyakit tersebut. Tetapi penyakit perlu dibersihkan terlebih dahulu sebelum diobati.
  • Penyakit Herpes
Ambil daun Gude secukupnya, kemudian cuci bersih dan digiling hingga halus. Balurkan pada gelembung-gelembung heres lalu ditutup dengan kain kasa. Baluran tersebut sebaiknya diganti paling tidak 3-4 kali dalam sehari.
  • Penyakit batuk dan gangguan perut
Ambillah Daun Gude segar sebanyak 2 genggam kemudian dicuci dan direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa separuhnya. Setelah dingin kemudian disaring. Minumlah ramuan tersebut 3 kali sehari, masing-masing setengah gelas.
  • Penyakit Sariawan
Ambil daun Gude segar secukupnya kemudian dicuci hingga bersih. Kunyalah dan biarkan beberapa saat baru kemudian ampasnya dibuang.
  • Penyakit Kuning
Ambil daun Gude yang masih segar secukupnya kemudian dicuci hingga bersih. Giling atau tumbuk hingga halus. Peraslah hasil tumbukan tadi hingga airnya keluar dan ditampung dalam sebuah cangkir. Bubuhkan garam seujung sendok teh dan aduk hingga rata. Lakukan hal tersebut 2 kali sehari hingga sembuh.
  • Luka Memar
Ambil daun Gude secukupnya, cucilah hingga bersih dan kemudian giling hingga halus. Tambahkan sedikit air dan aduk hingga tercampur seperti bubur. Luka yang telah di bersihkan segera bubuhkan dengan bubur daun Gude.

fungsi lain:
Di Jawa Tengah biasanya biji gude dikonsumsi atau dibuat bungko. Bungko adalah masakan yang bahan bakunya gude dengan ditambah sedikit kelapa atau bisa juga dengan tidak menggunakan kelapa kemudian diberikan bumbu secukupnya.
Kemudian campuran gude dengan bumbu tersebut dibungkus manggunakan daun pisang dan dikukus.
Biasanya bungko ini dimakan unutk menemani nasi atau bisa juga dimakan sendiri.

semoga bermanfaat baca juga Khasiat dan Manfaat Wijen

0 Response to "manfaat tumbuhan gude"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak dan membangun dan tetap salalu menjungjung dengan komentar yang baik :) juga terima kasih atas kunjungannya di blog artikel terbuka