Khasiat daun tanaman meniran

Tumbuhan meniran

Khasiat daun tanaman meniran

(phyllanthus niruri L)dapat tumbuh secara liar pada tempat yang lembab dan berbatu misalnya saja pada semak-semak, tanah kosong atau diantara rerumputan. Biasanya hidup didaerah pada dataran rendah sampai ketinggian 100m dpl. Tumbuhan meniran mempunyai batang yang tegak, tingginya bisa mencapai 30-50 cm dan bercabang banyak. Warna batang hijau pucat atau hijau kemerah-merahan. Berdaun tunggal, letak berseling. Helaian daun berbentuk bundar telur hingga bundar memanjang, pada ujungnya tumpul, pangkal membulat, permukaan bawah berbintik kelenjar, tepi rata, panjang sekitar 1,5 cm, sedangkan lebar sekitar 7 mm dan berwarna hijau. Bunganya ada bunga betina dan bunga jantan. Cirinya adalah bunga jantan akan keluar di bawah ketiak daun sedangkan bunga betina akan keluar diatas ketiak daun. Buahnya buah kotak, bulat pipih, licin, bergaris tengah 2-2,5 mm dan berbiji kecil, keras, berbentuk ginjal dan berwarna coklat.

Tumbuhan meniran mengandung filantin dan hipofilantin yang berkhasiat melindungi sel hati dari zat toksik, kalium, damar dan tanin.


Khasiat Meniran

Tanaman meniran sangat bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Pada tumbuhan segar banyak mengandung kalium dan meniran bersifat diuretik. Tetapi perlu diperhatikan janganlah terlalu banyak mengkonsumsi daun meniran karena dapat meyebabkan impotensi atau lemah syawat.
dibawah ini beberapa manfaat meniran untuk kesehatan:
  • Obat Ginjal
Ambillah kurang lebih 30 gram daun basah plus beberapa jari akar pepaya kemudian diseduh dengan 250 cc air, minum secukupnya.
  • Obat Jerawat
Ambillah 10 gram meniran, 10 gram daun ngokilo, 10 gram daun siamagi. Semua bahan diseduh dengan air mendidih dan bila perlu ditambahkan dengan gula aren ataupun jahe dan madu. Minumlah selagi dalam keadaan hangat. hal ini bisa dilakukan sehari sekali.
  • Disentri
Ambillah daun meniran yang masih segar kurang lebih 30-60 gram kemudian cuci hingga bersih. Rebuslah daun meniran menggunakan 3 gelas air hingga mendidih dan tersisi 1 gelas saja. Bisa juga ditambahkan gula aren atau gula enau sebelum diminum. Minumlah setelah dingin dan minum sekaligus, lakukanlah 2-3 kali dalam sehari.
  • Bisul di kelopak mata
Ambillah daun meniran secukupnya. kemudian rebus hingga mendidih dan setelah dingin, gunakanlah air rebusan tersebut untuk mencuci atau merambang mata.
  • Digigit anjing gila
Ambillah 4-6 tanaman meniran yang segar kemudian dicuci hingga bersih. Rebuslah meniran tersebut dengan menggunakan 3 gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas. Setelah dinginkenudian disaring dan air saringannya tersebut diminum. Unutk pengobatan luar, meniran ditumbuk hingga halus dan ditambahkan nasi yang telah dingin sama banyaknya dengan meniran . Campurkan hingga rata. Tempelkan ramuan tersebut pada bagian yang digigit dan kemudian balut dengan kain perban.

semoga bermanfaat
baca airtikel terbuka lainnya Khasiat pisang batu

0 Response to "Khasiat daun tanaman meniran"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak dan membangun dan tetap salalu menjungjung dengan komentar yang baik :) juga terima kasih atas kunjungannya di blog artikel terbuka