khasiat pisang batu

manfaat pisang batu

khasiat pisang batu
Pisang batu adalah pohon dari famili Musaceae, berasal dari Asia Tenggara dan Asia Selatan. Pisang batu dapat tumbuh di dataran rendah, ditanam ditegalan dan pekarangan rumah atau daerah yang cukup air dengan ketinggian hingga 2000 m dpl. Pohon pisang batu ini biasanya dibudidayakan untuk diambil daunnya karena mempunyai daun yang berbentuk lebar dan liat.

Tumbuhan pisang batu ini bisa mencapai tinggi kurang lebih 3 meter. Daunnya berbentuk jorong, dengan bunga yang bisa mencapai 50-75 cm, merunduk, bunga betinda dipangkal dan bunga jantan diujung. Buah pisang batu perpenampang agak ersegi emat dengan kedua ujung agak melancip, berkulit tebal, berbiji banyak dan mempunyai kulit yang berwarna hitam. Berakar serabut dan mempunyai batang semu yang sebenarnya tersusun atas tumpukan pelepah daun yang tumbuh dari batang tanah sehingga bisa mencapai ketebalan 50 cm.

Buah pisang batu mempunyai sifat dingin, astrigen, akarnya bersifat sebagai penawar racun, pereda demam, mendinginkan darah dan peluruh kencing. Hati dari batangnya pisang batu berguna sebagai penurun padas dan erawatan rambut. Kandungan dalam buah pisang batu adalah serttonin, tanin, Vitamin A, B ,C, lemak, flavonoid, mineral, kalium.


Khasiat pisang batu

  • Mengencangkan Vagina
Ambillah tunas pohon pisang batu secukupnya kemudian cuci hingga bersih dan kupas kulit luarnya. Tunas pohon pisang batu tersebut segera diparut atau ditumbuk untuk disaring dan diambil airnya. Minumlah air parutan tersebut satu gelas setiap pagi selama satu minggu.
  • Disentri
Ambillah buah pisang batu 1 buah kemudian panaskan pisang tersebut pada abu dapur kemudian giling hingga halus. Tambahka 1/2 cangkir air masak dan aduk hingga tercampur. Peraslah dan saring untuk diambil airnya. Minumlah air perasan tersebut 3 kali dalam sehari.
  • Wasir dan berak berdarah
potonglah batang semu pohon pisang kemudian kemudian buatlah lubang besar pada bonggolnya yang tersisa. Cairan yang terkumpul dalam lobang tersebut diambil untuk diminum. Lakukanlah hal tersebut 3 kali sehari, cukup masing-masing 1/2 cangkir saja.
  • Radang Paru
Ambillah akar pisang secukupnya kurang lebih 120 gr kemudian cuci hingga bersih. Potong-potonglah dan kemudian digiling atau dibuat jus. Tambahkan sedikit madu dan aduk hingga merata. Minumlah ramuan tersebut sekaligus.
  • Migren
Ambillah kulit pisang yang sudah masak kemudian gilinglah hingga menjadi adonan seperti bubur. Adonan tersebut kemudian dibalurkan di belakang leher, pelipis dan dahi. Lakukan secara teratur

semoga bermanfaat baca juga manfaat tumbuhan gude
sumber gambar:http://fiksi.kompasiana.com/dongeng/2013/11/22/buah-sorga-itu-kena-kutukan-610468.html

0 Response to "khasiat pisang batu"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak dan membangun dan tetap salalu menjungjung dengan komentar yang baik :) juga terima kasih atas kunjungannya di blog artikel terbuka