khasiat gadung

Khasiat gadung

khasiat gadung
sumber gambar: http:[dot]assyfanet[dot]blogspot[dot]com/2014/03/khasiat-dan-manfat-gadung.html

gadung memiliki khasiat dimana zat yang terkandung didalam gadung ini mempunyai kegunaan untuk mengusir keputihan, kencing manis, kusta, perut mulas, nyeri empedu, nyeri haid, radang kandung empedu, rematik atau nyeri persendian dan kapalan.
  1. Penyakit Lepra
Untuk mengobati penyakit lepra dibutuhkan rimpang gadung beberapa keping, buah cabe jawa beberapa butir, lada putih secukupnya, kelapa parutan secukupnya, gula aren secukupnya dan 150 ml air. Bahan ini dibuat infus untuk diminum 1 kali sehari 100 ml. Lama pengobatan diulang selama 14 hari.

      2. Kapalan
Ambillah rimpang gadung secukupnya dan sedikit air. Kemudian rimpang dipipis hingga seperti bubur. Bubur tersebut dibalurkan pada bagian kulit yang mengeras. Lama pengobatan dilakukan selama 3 jam.

      3. Rematik
Ambillah 4 gram umbi gadung cina, 7 biji cengkih, sedikit kemenyan dan 100 ml air. Bahan semua dibuat infus atau seduhan sedangkan cara pemakaian yaitu diminum 1 kali sehari 100 ml.

Konsumsilah gadung yang telah bebas dari racun dan ingat dalam mengkonsumsi gadung jangan terlalu banyak karena akan mengakibatkan keracunan yang dapat terjadinya kejang-kejang. bila terjadi kejang-kejang sebaiknya diberikan penawar sementara kloralhidrat atau kalium bromida.
 Ingat!
Dalam pengolahan gadung harus diperhatikan benar yaitu gadung dipotong tipis-tipis, kemudian direndam dalam air yang dibubuhi dengan garam. Biarkan umbi terus teraliri air hingga air cuciannya tidak berwarna putih. Kemudian dijemur di panas matahari.
semoga artikel 

khasiat gadung

bermanfaar

0 Response to "khasiat gadung"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak dan membangun dan tetap salalu menjungjung dengan komentar yang baik :) juga terima kasih atas kunjungannya di blog artikel terbuka