Tanaman Gadung

gadung

Tanaman gadung (Dioscoren hispida Dennust) terkenal karena umbinya. Gadung mempunyai jenis bermacam-macam antara lain adalah gadung bunga wangi, gadung kuning, gadung kelan, gadung padi (bunga tidak berbau, gadung cina (Smilax china L). Karena umbinya dapat dijadikan panganan yang bermacam-macam.

Tanaman Gadung
sumber gambar : http://id.wikipedia.org/wiki/Gadung

tanaman gadung

atau tumbuhan gadung ini merambat, dengan umbinya didalam tanah yang merupakan tanaman semak dengan permukaan batang yang halus, dan mempunyai duri yang berwarna hijau keputih-putihan. Daunnya tunggal, lonjong dan berseling ujung lancip, pangkal tumpul, berwarna hijau bunganya membentuk tandan, diketiak daun, kelopak bentuk corong, mahkota hijau kemerah-merahan. Buah bulat setelah tua akan berwarna biru kehitaman. Sedangkan bijinya berbentuk ginjal.

Kandungan dalam gadung adalah alkaloid dioskorina, diosgenina, saponin, furanoid norditerpena, zat pati dan zat tanin yang bersifat anti inflasi, spasmolotik, diaforetik dan kholagog.
Tanaman gadung juga biasanya tumbuh liar atau sebagai tanaman tumpang sari, dan biasanya para petani atau masyarakat khususnya daerah pedesaan sering memanfaatkan tanaman gadung sebagai makanan sampingan atau biasa di bilang orang keripik singkong. dan yang tak kalah menarik dari tanaman gadung ini hanya bisa dipanen setelah usia produksi 6-12 bulan dan panen diantara bulan 6-12 akan mendapat hasil yang baik dari buah tanaman gadung tersebut yang mana buahnya lebih besar dan sangat jarang mendapatkan hasil buah yang buruk.

0 Response to "Tanaman Gadung"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak dan membangun dan tetap salalu menjungjung dengan komentar yang baik :) juga terima kasih atas kunjungannya di blog artikel terbuka