khasiat tanaman buah pare

Tanaman pare

khasiat tanaman buah pare
sumber gambar:http://info-seha-t.blogspot.com/2013/03/manfaat-dan-khasiat-pare-bagi-kesehatan.html


Pare adalah terna merambat dari suku Cucurbitaceae. Pare (Momordica chanrantia L.) sudah tidak awam lagi bagi seorang ibu karena merupakan salah satu jenis sayuran maupun lalapan yang banyak digemari. Tanaman  pare tropik ini bisa tumbuh disawah, perkebunan maupun dipekarangan rumah. Tanaman Pare ini mudah ditanam dengan menggunakan bijinya yang disebarkan pada tanah yang subur dan gembur. Dalam penanaman perlu diberikan anjang-anjang atau tiang untuk merambat pare tersebut. Bila sudah berbuah bisa diberikan beban pada buah bagian bawah agar pare dapat tumbuh lebih panjang dan tidak membengkok. Buah pare bentuknya bulat telur memanjang dengan permukaan kulit bintil-bintil berwarna hijau waktu muda dan kuning ketika sudah tua. Bijinya berwarna putih, lempeng yang memenuhi ruang pare dan ketika buah pare sudah tuah berubah menjadi merah sekali. Rasa dari buah pare cukup pahit namun tergantung bagaimana cara mengolahnya. Biasanya untuk mengurangi rasa pahit itu sebelum dimasak diuleni terlebih dahulu setelah dipotong-potong dengan menggunakan garam. Selain dimasak juga tak kalah nikmat dijadikan sebuah lalapan yang tentunya direbus terlebih dahulu.

Selain buah salah satu sayuran, daunnya juga tak kalah pentingnya karena dapat dijadikan suatu obat penyakit. Salah satunya adalah sebagai obat sakit gigi. Sakit gigi adalah sakit yang benar-benar menyiksa diri karena berhubungan dengan saraf di kepala. Oleh karena itu bila terjadi sakit gigi, segerahlah mengobatinya dengan obat yang tepat namun bila belum sembuh juga sebaiknya diperiksakan ke dokter gigi.


Khasiat Pare

  • Obat sakit Gigi
Ambillah 5 lembar daun pare yang masih hiau segar dan cuci hingga bersih kemudian tambahkan garam beryodium sedikit saja dan remas-remas daun pare tersebut kedalam setengah gelas air hangat-hangat kuku.Tampung airnya kedalam gelas dan pakailah berkumur-kumur. lakukanlah tiga kali sehari secara berturut-turut hingga sakitnya bisa berkurang dan sembuh.

semoga bermanfaat baca juga  khasiat dan manfaat tanaman lengkuas

0 Response to "khasiat tanaman buah pare"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak dan membangun dan tetap salalu menjungjung dengan komentar yang baik :) juga terima kasih atas kunjungannya di blog artikel terbuka