manfaat dan khasiat daun tumbuhan pegagan

tumbuhan pegagan

manfaat dan khasiat daun tumbuhan pegagan
sumber gambar:http://khasiat.net/aneka-khasiat-dan-manfaat-pegagan-1/

Tumbuhan pegagan (Centella asiatica [L.] Urban atau dalam bahasa jawa disebut dengan nama antanan gede. Pegagan adalah tumbuhan liar yang dapat tumbuh di padang rumput, pekarangan rumah, sawah atau perkebunan maupun disela-sela tanaman sayuran. Tanaman pegagan berasal dari asia tropik yang dapat tumbuh pada tempat yang lembab dengan cukup sinar matahari atau terlindungi. biasanya hidup pada dataran rendah hingga daerah dengan ketinggian 2500 m dpl. Pegagan dapat di perbanyak dengan pemisahan stolon dan biji.

Tanaman pegagan adalah sejenis terna, menahun dan tidak berbatang yang mempunyai rimpang pendek dan stolon-stolon yang merayap dengan panjang 10-80 cm, akarnya keluar dari setiap buku-buku dengan cabangnya yang banyak dan membentuk tumbuhan baru. berdaun tunggal dan bertangkai panjang, tersusun dalam roset akar yang terdiri dari 2-10 helai daun. Helai daun berbentuk ginjal, dengan tepi bergerigi atau beringgit yang kadang agak berambut dengan diameter 1-7 cm. bunga tersusun dalam karangan berupa payung, tunggal atau 3-5 bunga bersama-sama keluar dari ketiak daunyang berwarna merah muda atau putih. buahnya kecil bergantung, berbentuk lonjong, pipih dengan panjang 2-2,5 mm dan baunya wangi tetapi rasanya pahit.

pegagan mengandung thankunside, asiaticoside, brahmoside, natrium, kalsium, zat ssamak dll.

Khasiat pegagan

  • Campak
Ambilla pegagan yang masih segar kurang lebih 60-120 gram yang dicuci hingga bersih. kemudian direbus 4 gelas air hingga mendidh dan tersisa 21/4 gelas. Setelah dingin kemudian disaring dan diminum. Sehari 3 kali, masing-masing sekali minum 3/4 gelas.
  • Kencing darah
Ambil pegagan segar 30 gram, urang-aring 30 gram dan akar alang-alang 30 gram. ketiga bahan tersebut dicuci hingga bersih. tuangkan 3 gelas air kedalam panci dan masukkan ketiga bahan tersebut hingga mendidih dan air tinggal tersisa 1 gelas saja. Angkat dan dinginkan kemudian disaring. minumlah air seringan tersebut sekaligus. lakukan sebanyak 3 kali dalam sehari.
  • Radang hati
Ambillah pegagan 240-600 gram yang masih hijau segar. kemudian dicuci hingga bersih dan rebuslah menggunakan 3 gelas air bersih hingga mendidih dan air tinggal 11/2 gelas. setelah dingin kemudian saring dan air saringan diminum sebanyak 3 kali sehari dalam meminumnya masing-masing 1 /2 gelas.
  • Keputihan
Ambillah pegagan segar sebanyak 15-30 gram dan kemudian dicuci hingga bersih. rebus dengan menggunakan 3 gelas air hingga mendidh dan tinggal 1 gelas. setelah dingin kemudian saring, saringannya diminum sehari 2 kali masing-masing setengah gelas.
  • Mata merah dan bengkak
Ambillah pegagan yang segar secukupnya kemudian dicuci hingga bersih dan bilas dengan air yang telah matang. daun pegagan yang telah bersih kemudian ditumbuk atau digiling sehingga halus. saringlah tumbukkan atau gilingan tersebut unutk diambil airnya. teteskanlah air tersebut pada mata yang sakit dan lakukanlah 3- 4 kali dalam sehari dan setiap kali penetesan cukup 2 tetes air saja.
  • Wasir
Ambillah daun pegagan yang masih segar dan akarnya kurang lebih 50 gram kemudian dicuci hingga bersih. rebuslah dalam air 2 gelas kemudian direbus hingga mendidih selama 15 menit. angkat dan dinginkan kemudian disaring dan diminum lakukanlah sehari hingga sembuh.

semoga bermanfaat baca juga  khasiat tanaman buah pare


0 Response to "manfaat dan khasiat daun tumbuhan pegagan"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak dan membangun dan tetap salalu menjungjung dengan komentar yang baik :) juga terima kasih atas kunjungannya di blog artikel terbuka