khasiat tanaman pacar air

Tanaman pacar air


khasiat tanaman pacar air

Pacar air (impatiens balsamina L.) atau biasa disebut dengan pacar banyu. Pacar banyu ini hidup tidak terpengaruh oleh cuaca baik lembab maupun kering dan bisa tumbuh dimanapun sehingga pacar banyu ini bisa ditanam dimmanapun. Selain bunganya yang cukup indah bila dijadikan bunga hiaspun akan bertahan cukup lama meskipun tanpa siraman air karena batangnya cukup mengandung air. Bunga dari Pacar banyu ini bermacam-macam ada yang putih, merah, orange, ungu, pink dll.

Pacar air mempunyai batang yang cukup tegak dengan tingginya kurang lebih 0,3-0,8 meter. Daunnya bergerigi tajam, runcing, 6-15 kali dengan bentuknya lanset. Bunganya terkumpul 1-3, tangkai berbunga 1,tidak beruas, 2 daun kelopak samping dengan panjang kurang lebih 2 mm yang ke 3 dengan panjang kurang lebih 1,5 cm bentuk corong miring dan berwarna. Daun mahkota ada 5, kelihatan 3 dan berwarna merah, ungu, putih. Buahnya berbentuk telur elliptis. Tanaman Pacar Air mengandung cyanidin monodan dan gycoside, daunnya mengandung analgesik.

Selain dijadikan tanaman hias bunga dan daunnya juga sangat disukai kaum wanita karena bisa dijadikan altrnatif pembuatan cat kuku atau kutek. Adapun cara pembuatan kutek cukup mudah yaitu ambillah beberapa bunga dan daun pacar air tersebut kemudian dilumatkan hingga merata dan ambil secukupnya untuk ditempelkan pada kuku hingga merata. Biarkan tumbukan itu menempel pada kuku kurang lebih 10-12 jam agar warna dapat terserap dalam kuku dengan baik dan merata.

Selain dalam dunia kecantikan pacar banyu juga dapat dijadikan suatu obat yang menyembuhkan penyakit. Tetapi daun pacar air tidak boleh diminum atau langsung dimakan begitu saja karena dimungkinkan akan mengandung racun yang dapat mempengaruhi pencernaan. Dari sekian kegunaan masih ada satu lagi kegunaan yang bisa diambil yaitu bunga dan biji dari tanaman pacar air dapat di konsumsi untuk dijadikan minuman yang tentunya rasa dari minuman tersebut memang kurang enak karena tanaman ini mengandung zat yang membikin mual perut dan juga menurunkan nafsu makan. Namun bila sewaktu diminum ditambah dengan madu atau gula merah maka rasa sepet atau kesat akan sedikit hilang. Ingat! janganlah memakai ramuan dari Pacar Air tanpa aturan yang tepat karena sangat membahayakan dan dalam aturan ukurannya haruslah tepat.


Khasiat Pacar Air

  • Sakit tulang persendiaan atau gigitan serangga
Ambillah beberapa lembar daun pacar air kemudian dicuci hingga bersih kemudian tumbuk-tumbuklah hingga lembut dan kemudian tumbukkan tersebut ditapalkan kepada bagian yang terasa sakit.
  • Peluruh haid
Ambillah akar pacar air kurang lebih 3 buah dengan ukuran yang sedang kemudian cuci hingga bersih. Tumbuklah akar tersebut dan kemudian direbus menggunakan air 3 gelas biarkan hingga mendidih. Biarkan hingga dingin dan kemudian disaring. Bila akan diminum juga bisa ditambahkan gula merah secukupnya dan diaduk hingga gula tersebut larut baru kemudian bisa diminum.
  • Mencegah Kanker Pencernaan
Bahan yang digunakan adalah bijinya kurang lebih 15 hingga 60 gram. caranya dan aturannya pun sama dengan pengobatan yang lain.

semoga bermanfaat baca juga khasiat dan manfaat daun pohon waru

0 Response to "khasiat tanaman pacar air"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak dan membangun dan tetap salalu menjungjung dengan komentar yang baik :) juga terima kasih atas kunjungannya di blog artikel terbuka