khasiat tanaman pacar cina

Tanaman pacar cina


khasiat tanaman pacar cina

Pacar cina (Aglaia odorata Lour). berasal dari dataran Cina. Tetapi di Jawa Tengah Pacar Cina biasa disebut dengan nama Pacar Culam. Sama dengan beluntas yang banyak ditanam dipekarangan atau dijadikan pagar rumah, tumbuhan ini juga begitu. Bedanya, kalau beluntas berbau menyengat, Pacar Cina justru sering digunakan untuk pengharum teh atau pakaian, karena baunya yang harum. Pacar Cina termasuk keluarga Meliaceae, tumbuhan ini bisa tumbuh mencapai 2-6 meter, batangnya berkayu dan bercabang banyak, tangkai berbintik-bintik kelenjar berwarna hitam. Daun majemuk menyirip ganjil yang tumbuh berseling, anak daun 3-5. Anak daun bertangkai pendek runcing dan pangkal meruncing dengan tepi merata. Permukaan daun licin dan mengkilap terutama daun yang masih muda. Bunganya dalam malai rapat, panjangnya 5-16 cm, berwarna kuning dan berbau harum. Buah buni, bulat lonjong, warnanya merah, panjang 6-7mm, dengan ruang 1-3, sedangkan bijinya 1-3. Tanaman pacar cina dapat diperbanyak dengan cara mencangkok.

Untuk memanfaatkan tumbuhan pacar cina tidaklah sulit. Untuk pengobatan dalam cukup dengan merebus dan meminumya. sedangkan untuk pengobatan luar, tinggal menggiling dan membalurkan pada bagian tubuh yang sakit. Pacar cina mengandung zat kimia antara lain minyak asiri, alkaloid, garam mineral, zat tanin.

Khasiat Pacar Cina

  • Anti bau badan
Ambillah kurang lebih 10 gram daun pacar Cina yang masih segar dan 7 daun sirih yang hijau segar kemudian cucilah hingga bersih. Masukkan 2 gelas air bersih kedalam panci perebusan dan masukkan kedua bahan tersebut untuk direbus hingga air mendidih dan air tinggal 1 gelas. Angkat dan dinginkan untuk kemudian disaring. Minumlah ramuan tersebut 2 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas.
  • Haid berlebihan
Ambillah segenggam daun Pacar Cina yang masih hijau segar dan kemudian dicuci hingga bersih. Rebuslah dengan menggunakan 2 gelas air hingga mendidih dan air tersisa 1 gelas. Setelah itu didinginkan untuk disaring. Minumlah ramuan ini 2 kali sehari masing-masing 1/2 gelas sekali minum.

semoga bermanfaat baca juga khasiat tanaman pacar air

0 Response to "khasiat tanaman pacar cina"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak dan membangun dan tetap salalu menjungjung dengan komentar yang baik :) juga terima kasih atas kunjungannya di blog artikel terbuka