khasiat tanaman rumput teki

Teki

khasiat tanaman rumput teki
sumber gambar: http://matoa.org/gulma-mengganggu-tapi-berkhasiat/rumput-teki/

Rumput Teki atau dalam nama latin rumputnya (Cyperus rotunduss L.) adalah sejenis rumput liar yang tumbuh bisanya ditampat yang terbuka atau sedikit terlindung dari sinar matahari seperti di tanah kosong, lapangan rumput, pinggir jalan atau dilahan pertanian. Tumbuhan ini terdapat pada ketinggian 3000 meter di atas permukaan laut. Tumbuh sebagai gulma dan susah untuk diberantas.

Rumput teki adalah rumput semu menahun dengan tinggi 10-95 cm. Batang rumputnya berbentuk segitiga dan tajam. Daunnya berjumlah 4-10 helai yang terkumpul pada pangkal batang membentuk roset akar dengan pelepah daun tertutup tanah. Helaian daun berbentuk pita bersilang sejajar. Permukaan atas berwarna hijau mengkilat dengan panjang daun 10-30 cm dan lebar 3-6 cm. Bunga majemuk , diujung batang, bentuk bulir, panjang 1-3 cm, lebar 2 mm, benang sari 3, kepala sari merah, putik panjang 1,5 cm, berwarna coklat. Buah bulat telur, panjang 1,5 cm, berwaarna coklat. Berakar  serabut dengan warnah putih kotor.

Akarnya mengandung saponin, flavonoida dan minyak atsiri. Dengan karakteristik manis, netral, langu dan antipiretik, diuretik, antiinflamotory.
Dalam pengobatan menggunakan rumput teki ini dibedakan dua macam yaitu pemakaian luar dan pemakaian dalam. Sedangkan untuk penakaian dalam menggunakan 5-10 gram rumput teki yang telah dikeringkan kemudian direbus airnya diminum atau dijadikan bubuk atau pil.

Khasiat Rumput teki

  • Mengobati kulit biru akibat terbentur, radang kuku
Ambil teki yang masih segar kemudian dicuci hingga bersih kemudian digiling halus kemudian ditempelkan pada bagian yang sakit. sedangkan untuk mengobati radang kuku adalah dengan cara mengambil umbi teki dan biji kenari kemudian ditumbuk halus. Ambil tumbukan tersebut untuk dibungkus menggunakan daun. panaskan bungkusan tadi dan kemudian ditempel pada kuku yang sakit dan dibalut.
  • Nyeri lambung
Ambillah 30 gram umbi teki dengan menambah 15 gram lengkuas yang telah dikeringkan dan kemudian ditumbuk atau digiling hingga menjadi bubuk. Ambillah 3 gram bubuk tersebut, kemudian diseduh menggunakan air panas dan setelah hangat segera diminum. Lakukanlah 2 kali sehari.
  • Penyakit busung atau bengkak karena cairan
Ambillah 10 gram teki yang telah dicuci bersih dan kemudian digiling halus. Seduhlah menggunkan air panas kurang lebih 150cc kemudian disaring dan tambahkan madu aduk hingga rata. Minumlah 2 kali sehari.

semoga bermanfaat baca juga Khasiat tanaman pacar cina

0 Response to "khasiat tanaman rumput teki"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak dan membangun dan tetap salalu menjungjung dengan komentar yang baik :) juga terima kasih atas kunjungannya di blog artikel terbuka