5 khasiat wortel bagi kesehatan

Khasiat Wortel

5 khasiat wortel bagi kesehatan
Wortel (Daucus carota L.) adalah sejenis sayuran yang menjadi bahan masakan ataupun minuman. Wortel tumbuh didaerah yang sejuk dengan temperatur suhu 20 derajat celcius. Jenis wortel cukup banyak ada yang dapat tumbuh di ketinggian 500-100 meter, ada yang dapat tumbuh di ketinggian 1000-2000 meter dpl. Wortel dapat tumbuh pada tanah geluh berpasir yang kaya akan bahan organik dan sinar matahari yang cukup. Wortel tumbuh sepanjang tahun dan tidak mengenal musim. Wortel dapat dipanen setelah berumur 60-90 hari.

Tanaman wortel mempunyai tinggi 1-1,5 meter, mempunyai batang yang pendek dan basah. Merupakan sekumpulan tangkai daun yang keluar dari ujung umbi bagian atas. Mempunyai daun mejemuk berganda dengan pangkal tangkai melebar menjadi seperti upih, tepu, bertoreh, lonjong serta ujungnya runcing dan pangkal berlekuk dengan panjang 15-20 cm, lebar 10-13 cm, pertulangan menyirip berwarna hijau. Sedangkan bunganya terkumpul dalam payung majemuk, mahkotanya berbentuk bintang, halus, berwarna hijau. Buahnya buni, berbentuk lonjong dengan diameter kurang lebih 3 mm, berwarna coklat. Bijinya lonjong, berwarna putih. untuk akarnya tunggang, membengkak menjadi umbi berdagin dan berwarna jingga.

Wortel mengandung air, protein,lemak, karbohidrat, serat, nutrisi anti kanker, gula alamiah, vitamin beta karoten atau A, B2 dan C.


5 Khasiat wortel untuk kesehatan


  • Hepatitis
Ambillah wortel yang segar secukupnya, kemudian dicuci hingga bersih dari kotoran yang menempel jangan lupa untuk dibilas dengan air matang. Wortel kemudian dipotong-potong menjadi beberapa bagian dan seperlunya saja. Wortel yang telah dipotong-potong kemudian dibuat jus. Atau bisa juga wortel diparut dan disaring. Wortel yang telah dijus atau diparut tersebut kemudian diminum. Lakukan hal ini sehari 2 kali.

  • Sembelit
Ambillah 2 buah wortel yang masih segar dengan ukuran sedang dan 2 lembar daun kubis segar kemudian cuci hingga bersih. Makanlah kedua bahan tersebut menjadi lalapan saat anda makan bersama nasi.

  • Kadar Kolestrol tinggi
Ambillah kurang lebih 5 buah wortel segar dengan ukuran sedang kemudian dicuci hingga bersih dan buatlah jus atau diparut. Bila diparut, saringlah agar airnya keluar. Minumlah air saringan tersebut dan lakukanlah setiap hari.

  • Pencuci Mulut
Ambillah 1 buah wortel dengan ukuran sedang kemudian dicuci hingga bersih dan irislah tipis-tipis. Rebuslah irisan tadi dengan menambahkan 3 cangkir air bersih hingga mendidih selama 20 menit. Angkat dan dinginkan selama 30 menit kemudian disaring. Simpan air saringan tersebut ditempat yang aman atau dalm kulkas kemudian gunakan air tersebut untuk mencuci mulut atau berkumur tenggorokan setiap pagi. Air rebusan wortel tersebut mengandung khasiat antiseptik.

  • Menghentikan kebiasaan merokok
Ambillah wortel 2-3 buah yang masih segar dan berukuran sedang. Cucilah hingga bersih kemudian makanlah setiap hari . Lakukan hal ini selama 2-3 minggu.

semoga bermanfaat baca khasiat buah nanas untuk kesehatan 

0 Response to "5 khasiat wortel bagi kesehatan"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak dan membangun dan tetap salalu menjungjung dengan komentar yang baik :) juga terima kasih atas kunjungannya di blog artikel terbuka