khasiat buah nanas untuk kesehatan

Khasiat buah nanas

khasiat buah nanas untuk kesehatan

buah Nanas (Ananas comosus (L.) Merr.) ini pertama kali ditemukan oleh Colombus pada saat mendarat di Amerika Selatan. Dari Amerika Serikat kemudian dikembangbiakkan di Eropa dan buah nanas merupakan buah yang spesial, karena selain harganya terjangkau, nanas juga mempunyai banyak manfaat yang berkhasiat untuk kesehatan, Pada dasarnya , pohon nanas bisa tumbuh di mana saja. Di daerah yang cukup memiliki sinar matahari dengan ketinggian hingga 500 meter di atas permukaan laut. Kita dapat menanamnya di halaman rumah, dan dipot yang terbuat dari tanah tetapi diusahakan agar tetap mendapat sinar matahari secara langsung.

Selain banyak mengandung vitamin C, B karoten, beberapa vitamin B , dan mineral, buah nanas ini mengandung wnzym Bromelin, dan tentu saja serat makanan yang bermanfaat untuk pencernaan, selain itu juga mempunyai aroma harum dan rasa yang menyegarkan. Karakteristik flavornya merupakan campuran dari buah apel, strowberi dan persik. Buah bermata yang mudah ditanam ini juga mengandung Bromelindan Peraoksidase yang sangat bermanfaat untuk tubuh.
Manfaat dari kandungan Bromelin, yaitu:
  1. Membantu memperlancar pencernaan. Dengan mengkonsumsi buah nanas, buang air besar menjadi lancar dan teratur.
  2. Mencegah bercampurnya keping-keping darah dan mempercepat penyerapan antibiotik.
  3. Mengobati peradangan atau pembengkakan di tulang persendian (athritis)
  4. Karena mengandung banyak serat dapat menekan rasa lapar.
  5. Mencegah atau menekan pembengkakan.
  6. Mempercepat penyebuhan luka.
  7. Menekan jumlah koloni candida albicans yang dapat merusakkan gigi palasu sehingga bermanfaat mencegah gangguan mulut akibat rusaknya gigi palsu bagi penggunanya.
Kandungan Peroksidase yang terdapat pada buah nanas ini, merupakan komponen anti tumor. Sehingga dalam pengobatan tradisional, buah nanas dikenal sebagai obat pencegah tumor.
Selain di konsumsi, buah nanas bisa kita manfaatkan sebagai obat luar. Bromelin yang bersifat memecah ikatan protein, berkhasiat mencegah pembengkakan pada tubuh setelah terjadi benturan atau pasca bedah. Menurut Ir. Drajat buah nanas yang masih muda kandungan Bromelin lebih tinggi dari pada buah nanas yang sudah matang. Karena sifatnya mampu memecah ikatan protein, membuat buah nanas ini juga berkhasiat untuk melunakkan daging.

Banyak yang beranggapan bahwa buah nanas ini bisa mencegah kehamilan atau menggugurkan kandungan. "Realitasnya tidak benar". Itu mitos yang keliru. Memang buah nanas merupakan buah yang memiliki kandungan air cukup banyak, tetapi tidak ada hubungannya dengan kondisi peranakan bagi yang memakannya.


Khasiat dan Manfaat buah nanas

  • Mencegah tumor, Menyembuhkan arthritis
Ambillah buah nanas kemudian kupas dan cuci hingga bersih lebih baik dicuci dengan menggunakan air hangat dan garam untuk mengurangi rasa gatal dari buah nanas. Potong-potonglah daging nanas dan kemudian buatlah jus. Jus bisa ditambah gula atau tergantung selera. Minumlah setiap hari.
  • Anggota tubuh yang habis terbentur
Ambillah buah nanas yang telah dikupas secukupnya, kemudian dicuci dan diparut. Tempelkan parutan nanas ini ke bagian yang memar.
  • Sembelit
Ambillah buah nanas 3 buah yang belum masak kemudian kupas dan cuci hingga bersih. Kemudian buatlah jus atau diparut dan diperas. Minumlah air perasannya tersebut 2 kali dalam sehari masing-masing minum cukup setengah gelas saja.
  • Melunakkan daging
Olesilah daging tersebut dengan parutan buah nanas, kemudian tusuk-tusuk daging agar enzim cepat meresap. lalu diamlan 20-30 menit baru dibakar atau dimasak.
  • Ketombe
Ambillah daging buah nanas yang telah masak dan telah dikupas. Parutlah dan kemudian disaring. Tamahkan air perasan nanas tersebut dengan air jeruk nipis1 buah dan aduk hingga merata.Gunakan ramuan tersebut untuk menggosok kulit kepala yang berketombe sebelum tidur. Setelah keesokan paginya, baru dikeramas. Hal ini dapat dilakukan 2-3 kali dalam seminggu.

semoga bermanfaat baca juga manfaat dan khasiat tumbuhan prasman

0 Response to "khasiat buah nanas untuk kesehatan"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak dan membangun dan tetap salalu menjungjung dengan komentar yang baik :) juga terima kasih atas kunjungannya di blog artikel terbuka