bersedialah mengalah untuk menang

hai sobat judul postingan saya kali ini

Bersedia mengalah untuk menang

bersedialah mengalah untuk menang
bersedialah mengalah untuk menang

Jangan mau menang sendiri, walaupun kita berada di pihak yang benar. Dan seandainya kita yang menang, usahakan sedemikian rupa agar kemenangan itu tidak sampai membuat malu orang yang kita kalahkan.
Sebaliknya bila kita berada di pihak yang salah, jangan memaksakan diri untuk menang, walaupun kita memiliki kekuasaan untuk melakukan hal itu! sebab bila kita berlaku sewenang-wenang demikian, sama saja dengan menyebarkan bibit kebencian, yang mana pada saatnya nanti kita juga yang pasti akan memetiknya.
Jangan sampai salah, bahwa pada mulanya yang kita cari adalah kebenaraan. Tetapi akibat adu argumentasi yang berkepanjangan, mencari kebenaran terlupakan menjadi mencari menang-menangan!.
Oleh sebab itu hindarilah ngotot-ngototan dengan orang lain walaupun kita merasa di pihak yang benar.
Sebaliknya mundur saja tanapa harus merubah pendirian. Hal ini, selain menunjukkan kebesaran jiwa kita, juga bermaksud untuk mendinginkan kepala lawan. Dengan kepala dingin, lawan kita kemungkinan akan menyadari kekeliruannya, sehingga nantinya akan membenarkan pendapat kita.
Dalam hal berusaha membiasakan diri berbuat mengalah untuk menang seperti yang disarankan itu, ada baiknya kita merenungkan dan menghayati nasehat bijaksana dibawah ini.
"Bila engkau.... melawan orang yang lebih lemah dari kamu, itu menunjukkan bahwa engkau seorang pengecut."
" Bila engkau.... melawan orang yang lebih kuat dari kamu, itu menunjukkan bahwa engkau tidak tahu malu."
" Bila engkau..... melawan orang yang sepadan dengan kamu, itu menunjukkan bahwa engkau tidak berbudi !"

baca juga bicarakan kesulitan kita kepada orang lain yang bisa dipercaya

0 Response to "bersedialah mengalah untuk menang"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak dan membangun dan tetap salalu menjungjung dengan komentar yang baik :) juga terima kasih atas kunjungannya di blog artikel terbuka