mengembangkan sikap hidup kemasyarakatan

mengembangkan sikap hidup kemasyarakatan

mengembangkan sikap hidup kemasyarakatan
mengembangkan sikap hidup kemasyarakatan

salah satu faktor yang mempercepat proses ketegangan jiwa adalah karena kerutinan kerja. Hal ini disebabkan, karena perhatian kita hanya terpusat pada lingkungan tertentu saja, yang terbatas. Misalnya lingkungan kerja kita. Hari demi hari, bulan demi bulan, tahun demi tahun, kita selalu menghadapi lingkungan kerja serta berbagai urusannya yang itu-itu juga. Walaupun ada mutasi dan promosi, sifat kerja dan urusannya tetap seperti yang dulu juga, sehingga menimbulkan kebosanan.
Dengan berbagai cara, kerutinan maupun kebosanan dicoba untuk ditekan atau dihilangkan. Namun pada dasarnya tidaklah bisa hilang sama sekali, mengendap di bawah sadar kita, sebagai suatu simpanan yang sewaktu-waktu akan muncul kembali. Dan justru pada saat-saat kondisi jiwa kita labil atau stres, ingatan tentang kebosanan ini sering muncul kembali, bahkan bisa mengembang dengan sangat cepat, sehingga makin memperbesar stres atau tekanan jiwa.
Oleh sebab itu, bila kita sedang dilanda stres dan frustasi, cobalah sekali-kali kita longokkan kepala kita yang terbatas itu. Di sana ada tempat yang luas, manusia yang banyak dan beragam, dan kehidupan yang beraneka warna. Setelah itu yakinkan diri kita, bahwa kita pasti bisa berbuat sesatu yang bermanfaat di tengah-tengah mereka !.
Segera luangkan waktu kita. Cari dan kunjungilah teman-teman lama yang sudah lama tidak ketemu dan hampir terlupakan. Dengarkan mereka mengobrol, dan tanggapi dengan baik. Tidak jarang, dari obrolan dengan teman tersebut kita mendapatkan suatu ide-ide baik yang merupakan kunci pembuka dari masalah kita. Seterusnya, usahakan bergaul dengan orang banyak, dan berbuatlah sesuatu yang bermanfaat untuk mereka.
Di sinilah kita bisa memahami dan mengerti, mengapa dalam tuntunan sikap hidup islam selalu dianjurkan untuk memperbanyak silahturahmi. Dan dikatakan, bahwa memepererat persaudaraan atau silaturahmi tersebut bisa memperpanjang umur. Juga dianjurkan agar kita sering berjamaah, di mana dikatakan bahwa berjamaah itu pahalanya lebih besar. Itu semua adalah suatu kebenaran yang tidak diragukan lagi.
Oleh sebab itu tetaplah bergaul dengan orang banyak. Kembangkan sikap dan wawasan yang lebih luas. Jangan hanya mengetahui apa-apa yang ada di lingkungan kita sendiri saja. Dan berbuatlah sesuatu yang bermanfaat untuk mereka, misalnya, walaupun itu cuma di tingkat RT atau RW.
Hendaknya kita ketahui , bahwa berbuat sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat bisa memberi kepuasan mana barangkali sulit kita dapatkan di lingkungan kerja kita.
Dan loyalitas sosial itu akan membuat kita merasa berguna di tengah-tengah masyarakat. Membuat kita dicintai dan diperlukan oleh orang lain dan masyarakat, sehingga dapat menyelamatkan kita dari ketegangan jiwa atau stres yang berkepanjangan

0 Response to "mengembangkan sikap hidup kemasyarakatan"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak dan membangun dan tetap salalu menjungjung dengan komentar yang baik :) juga terima kasih atas kunjungannya di blog artikel terbuka