Khasiat buah mahkota dewa bagi kesehatan

Mahkota

Khasiat buah mahkota dewa bagi kesehatan

Tanaman Mahkota Dewa (Phaleria macrocarpa [Scheff] Boerl.) adalah tanaman yang sangat ampuh dalam mengatasi berbagai macam penyakit baik ringan maupun akut. Tanaman Mahkota Dewa dapat ditanam dipekarangan  sebagai tanaman hias maupun dikebun-kebun sebagai perindang. Sebutan untuk Mahkota Dewapun bermacam-macam misalnya saja Simalakama, makutadewa, makuto rojo dll. Tanaman ini diperkirakan berasal dari tanah Papua, Irian Jaya. Tanaman Mahkota Dewa dapat tumbuh subur pada tanah yang gembur dan subur pada ketinggian 10-1200 meter dpl. Untuk mengembang biakkan tanaman ini dapat dilakukan dengan biji maupun cangkok.

Tanaman Mahkota Dewa ini tumbuh tegak kurang lebih mempunyai tinggi 1-25 meter dengan batangnya yang bulat, permukaan kasar dan berwarna cokelat. Mempunyai getah dan percabangan simpodial. Daunnya tunggal dengan letaknya berhadapan dan bertangkai pendek. Berbentuk lanset atau jorong dengan ujung dan pangkalnya yang runcing dan tepinya rata, tulangnya menyirip, permukaannya licin dan berwarna hijau tua, panjangnya 7-10 cm dan lebar 2,5 cm. Tanaman ini berbunga sepanjang tahun dan terletak menyeluruh pada batang atau ketiak daun, berbentuk tabung dan berukuran kecil dengan warna putih berbau harum. Sedangkan buahnya, berdiameter 3-5 cm dengan permukaan licin, beralur. Pada waktu mudah berwarna hijau sedangkan tua berwarna merah, daging buah berwarna putih, berserat dan berair. Bijinya bulat keras berwarna cokelat. Akar tumbuhan ini adalah tunggang.

Tanaman Mahkota Dewa mengandung Antihistamin, alkaloid, polifenol dan saponin sedangkan pada kulit buah mengandung flavonoid, saponin dan alkalois.


Khasiat Mahkota Dewa

manfaat dari mahkota dewa hampir tak terhitung, maka Mahkota Dewa dinobatkan sebagai panglima. Dengan berbagai pengalaman yang turun temurun dan telah terbukti untuk mengatasi diabetes, lever, kanker, darah tinggi, asam urat dll.
  • Disentri
Ambillah kulit Mahkota Dewa yang sudah dikeringkan kurang lebih 15 gram dan rebuslah dengan 2 gelas air hingga mendidih kurang lebih selama 15 menit. Angkat dan dinginkan, kemudian saringlah untuk diambil airnya dan minum. Lakukanlah 2-3 kali dalam sehari.
  • Gata-gatal, eksim
Ambillah daun Mahkota Dewa yang masih hijau segar secukupnya kemudian giling hingga halus. Gilingan tersebut ditempelkan pada bagian sakit kemudian dibalut. Balutan tersebut diganti 2-3 kali dalam sehari.
  • Psoriasis
Ambillah buah Mahkota Dewa yang sudah masak dan segar 3 buah. Buanglah bijinya kemudian diiris tipis-tipis dan dijemur hingga kering. Rebuslah buah Mahkota dewa yang telah dikeringkan tersebut dengan 1 liter air, usahakan dengan api yang cukup besar. Setelah mendidih, api dapat dikecilkan dan terus direbus hingga air tinggal seperempat. Angkat dan dinginkan. Sebelumnya saring terlebih dulu baru kemudian diminum. Minumlah air rebusan tersebut 2 kali, masing-masing separuhnya. Perhatikan jika timbul gejala keracunan dapat diturunkan dosis pemakaiannya ataupun dihentikan penggunaanya.

Semoga bermanfaat baca juga  khasiat daun sirih untuk jantung mengipas

0 Response to "Khasiat buah mahkota dewa bagi kesehatan"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak dan membangun dan tetap salalu menjungjung dengan komentar yang baik :) juga terima kasih atas kunjungannya di blog artikel terbuka