khasiat daun sirih untuk jantung mengipas

Daun sirih

khasiat daun sirih untuk jantung mengipas
Sirih (Piper betle Linn) adalah tanaman merambat yang cukup indah dan bisa dijadikan tanaman hias. Dapat tumbuh dengan mudah, biasanya tumbuhan ini melilit pada tumbuhan lain tanpa menggangu makanan yang ditumpanginya karena sirih bukan tanaman parasit. daun sirih sangat banyak khasiatnya untuk mengobati berbagai macam penyakit.
Tanaman siri mempunyai batang yang berwarna hijau kecoklatan dengan permukaan kulit yang kasar, berkerut-kerut dan mempunyai ruas yang besar tempat keluarnya akar. Tumbuh dengan memanjat dan bersandar pada pohon lain, tinggi dari pohon sirih ini bisa mencapai 5-15 meter. Mempunyai daun yang tebal, bertangkai dan tumbuh berseling, bertangkai, bentuk dari daun seperti jantung dengan ujung daun yang meruncing tetapi pinggirnya rata. Lebar daun kurang lebih 2,5-10 cm panjang 5-18 cm dan mengeluarkan bau khas yang aromatik bila diremas. Sedangkan bunganya tersusun dalam bentuk bulir merunduk dengan panjang 5-15 cm. Buahnya buah buni, bulat berdaging, berwarna kuning hijau menjambung menjadi bulat dan mempunyai biji yang bulat.

Manfaat dari daun sirih cukup banyak baik dalam bidang kecantikan maupun kesehatan. Dalam kesehatan daun sirih mampu mengatasi berbagai macam penyakit. Sedangkan dalam bidang kecantikan daun sirih dapat dijadikan bahan kosmetika. Tanaman sirih mengandung minyak terbang, chavicol paraallyphenol.


Khasiat Sirih


  • Asma , encok, batuk berdahak, batuk king, mempelajar ASI, keputihan dan air seni
Ambillah kurang lebih 11 lembar daun sirih dan dicuci dengan bersih. Rebuslah daun sirih menggunakan 1,5 liter hingga mendidih. Setelah air rebusan tadi dingin, segera minum. Minumlah sehari 2 kali, pagi dan sore masing-masing 1 gelas. Lakukanlah selama 3 hari berturut-turut.

  • Jantung mengipas
Syarat daun yang digunakan adalah daun sirih yang bertemu dengan ruasnya. Ambillah sebanyak 3 atau 7 pasang. Cucilah hingga bersih dan rebus hingga mendidih dan minumlah air rebusan setelah dingin 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

  • Bau mulut
Untuk menghilangkan bau mulut, pakailah air rebusan daun sirih terseut untuk berkumur-kumur hingga sela-sela gigipun bisa termasuki oleh air rebusan daun sirih. Lakukanlah 2 kali sehari bisa juga dengan cara meminumnya. Bila tidak tahan dengan rasanya bisa ditambahkan gula batu agar mengurangi kepahitannya.

  • Sakit mata, belekan, trachoma
Ambillah 2 lembar daun sirih yang telah dicuci agar hilang dari debu atau kotoran yang menghinggapinya. Letakkan daun sirih diatas piring kemudian siram dengan air panas. Tunggu hingga seduhan air sirih tersebut menjadi dingin, setelah dingin segerahlah untuk mermbang atau membersihkan mata. Biarkan air seduhan itu membasahi mata. Lkukanlah seperlunya hingga mata sembuh.

  • Mimisan
Ambillah 1 lembar daun sirih, cucilah hingga bersih. Gulung daun sirih hingga bisa dimasukkan ke dalam lubang hidung. Bila terjadi mimisan jangan sekali-kali menegadahkan kepala keatas untuk menghindari menetesnya darah, tetapi hal tersebut sebenarnya salah karena akan memungkinkan darah kembali ke rongga hidung dan sampai kerongga mulut. Maka sebaliknya biarkan menetes dan tahanlah dengan menggunakan tisu, segera masukkan gulungan daun sirih tersebut kedalam lubang hidung.

  • Sakit kepala, pening, pusing dan demam atau demam nifas
Ambillah 7 lembar daun sirih kemudian dicuci hingga bersih, 3 siung bawang merah dan kemenyan 1 ibu jari tangan. Tumbuklah ketiga bahan tersebut hingga halus. Gunakanlah tumbukkan tersebut untuk pilis di dahi, kurangi gerakan yang akan mengakibatkan jatuhnya pilis dari dahi sebaiknya istirahatlah.

  • Gusi bengkak
Untuk mengobati gusi yang bengkak , ambillah getah sirih dengan cara memetik langsung daun sirih dari pohonya, maka akan mengeluarkan getahnya. Getah terseut dioleskan pada gusi yang membengkak. Sedangkan untuk mengobati radang tenggorokan gunakan daun minyaknya dan daun sirih diremas-remas kemudian dioleskan pada leher.

semoga bermanfaat baca juga khasiat buah pepaya muda untuk kesehatan

0 Response to "khasiat daun sirih untuk jantung mengipas"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak dan membangun dan tetap salalu menjungjung dengan komentar yang baik :) juga terima kasih atas kunjungannya di blog artikel terbuka