manfaat dan khasiat tumbuhan prasman

Manfaat Prasaman


manfaat dan khasiat tumbuhan prasman

Tumbuhan Prasman (Eupatorium triplinerve Vahl.) ini berasal dari keluarga Asteraceae (Compositae), dan diketahui bersal dari amerika Tropis. Di daerah Jawah Tengah tumbuhan Prasman disebut dengan nama Godong Prasman dan Raja Panah. Tumbuhan ini banyak membentuk anakan dan dapat ditemukan di dataran rendah sampai ketinggian 1.600 ratus di atas permukaan laut. Prasman biasa ditanam oleh masyarakat didaerah pebukitan dan pegunungan dan pegunungan randah. Dalam keadaan normal, tanaman ini tumbuh setinggi 50-100 cm.

Ciri dari tanaman Pasman adalah batangnya berkayu dan beruas, bercabang dan berambut tebal dengan warna merah muda. Daunnya tunggal, letaknya berhadapan, bentuknya lanset ujung dan pangkalnnya runcing, tepinya rata, permukaan licin dengan tulang daun yang melengkung dan panjangnya 5-8 cm dan lebar 1-2 cm berwarna hijau. Warna bunganya majemuk keunguan bermahkota bentuk bintang, Tumbuhan Prasman dapat diperbanyak dengan biji atau steak akar. Buah berupa buah kendaga. Bila dirasakan daun prasman mempunyai rasa pahit. Dalam pemakaian ramuan menggunakan tumbuhan Prasman dapat di rebus untuk diminum maupun di giling hingga halus sebagai pilis.

Tanaman prasman mengandung minyak asiri, ayapanin, ayapin dan timohiddrokuinon. zat aktifnya panin dan ayepin berkhasiat hemostatis. Sedangkan pada akarnya mengandung saponin, flavonoida dan polifenol.


Khasiat Prasman

  • Diare Kronis
Ambillah segenggam daun prasman segar dan batangnya kemudian dicuci hingga bersih. Potong-potonglah seperlunya kedua bahan tersebut. Masukkan 2 gelas air bersih kedalam panci perebusan bersama bahan tersebut, rebus hingga mendidih dan air tinggal tersisa 1 gelas. Angkat dan dinginkan untuk kemudian disaring. Minumlah air ramuan tersebut 2 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas.
  • Anyang-anyangan
Ambillah kurang lebih 20 gram daun prasman yang masih segar kemudian dicuci hingga bersih. Setelah itu masukkan ke dalam panci perebusan sama 2 gelas air bersih dan rebus hingga mendidih dan air tinggal tersisa 1 gelas. Angkat dan biarkan menjadi dingin. Saringlah ramuan tersebut dan minum 2 kali sehari pagi dan siang masing-masing 1/2 gelas.
  • Demam
Ambillah segenggam daun Prasman yang masih segar dan batangnya juga, cucilah hingga bersih kemudian dipotong-potong seperlunya. Rebuslah dengan menambahkan 3 gelas air bersih kedalam panci dan masukkan juga gula aren kurang lebih segenggam ibu jari. Rebuslah hingga mendidih dan air tinggal tersisa 1 gelas saja. Angkat dan dinginkan untuk kemudian ramuan tersebut disaring. Minulah ramuan tersebut 3-4 kali sehari.
  • Sariawan
Ambillah daun Prasman yang masih segar secukupnya kemudian dicuci hingga bersih dan kunyahlah hingga lumat dan biarkan daun Prasman tersebut ada pada sariawan kemudian cairan beserta ampasnya dibuang.

semoga bermanfaat baca juga  manfaat tumbuhan pecut kuda

0 Response to "manfaat dan khasiat tumbuhan prasman"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak dan membangun dan tetap salalu menjungjung dengan komentar yang baik :) juga terima kasih atas kunjungannya di blog artikel terbuka