khasiat buah pepaya muda untuk kesehatan

Pepaya muda

khasiat buah pepaya muda untuk kesehatan
Pepaya adalah tanaman perkebunan yang dalam sistem penanamannya cukup mudah. Pepaya muda merupakan jenis tumbuhan yang berbatang tegak dan basah yang menyerupai palem. Helai daunnya mirip telapak tangan manusia dengan tangkainya yang cukup panjang dan dengan bunga putih yang harum. Rongga dalam buah pepaya muda berbentuk seperti bintang jika penampang buah tersebut dipotong melintang. Tingginya pun bisa mencapai 10 meter. Tanaman pepaya muda ini sangat banyak manfaatnya dari daun hingga akarnya. Dalam berbuahpun tak mengenal musim. Jenis pepayapun macam-macam, ada pepaya Thailand,pepaya jinggo, grandel dll. Pure, pasta, manisan kering, manisan basah, saos dan juice pepaya, merupakan bentuk-bentuk olahan dari buah pepaya yang populer dan laris di pasar mancanegara.

Apabila kita lihat dari komposisi gizinya, maka dalam 500 gram buah pepaya yang telah masak terkandung sebanyak 230 kalori, protein 7,0 g ; karbohidrat 61,0 g ; lemak 0,5 g ; serat 1,0 g ; kalsium 115 mg (dapat membantu mencegah penyakit jantung); fosfor 60 mg(dibutuhkan dalam pemebentukan tulang); besi 8,5 mg (membantu pembentukan sel darah merah); vitamin B1 14 mg (dibutuhkan oleh saraf serta kulit dan sel-sel pernafasan); vitamin A 1.825 SI 9 (membantu kesehatan mata, rambut, dan kulit); dan vitamin C 390 mg(meningkatkan daya tahan tubuh). Buah pepaya masak sangat cocok dijadikan menu bagi yang sakit, karena selain kandungan gizinya memadai juga terbukti sangat mudah dicerna oleh tubuh. buah pepaya mampu memperbaiki metabolisme tubuh dan membantu pembentukan aneka macam asam amino yang diperlukan, selain bekerja untuk menstabilkan stamina.

Papain dan kegunaanya
Di dalam pepaya yang masih muda terdapat enzim yang disebut papain, Papain ini berfungsi sebagai pemecah protein dan berperan positif untuk sistem pencernaan tubuh. Papain ini sudah lama diproduksi , yakni dengan mengekstrak bagian tanaman pepaya, dan yang terbanyak adalah pada getahnya.
Papain ini berfungsi membantu sistem kerja alat pencernaan, dan sebaiknya dikonsumsi sebelum sarapan karena enzim papain akan menetralisir asam maupun alkali di dalam lambung.
Saat ini, penggunaan enzim papain mencapai 75 persen dalam industri minuman yang banyak dimanfaatkan sebagai penjernih serta penambah rasa pada bir, kemudian industri pengolahan daging alot, industri pengolahan ikan, industri farmasi dan industri kosmetik. Papain ini dapat kita peroleh dengan dua cara yakni dengan menyadap getah buah pepayanya, dan mengekstrak batang atau daunnya.
Kita dapat memproduksi papain dari buah pepaya dengan cara sebagai berikut:

  1. Goreslah buah pepaya muda umur 2,5-3 bulan dengan pisau atau bambu runcing.
  2. Goresan tersebut membujur ke bawah sebanyak 4-5 goresan dengan kedalaman sekitar 0,3 cm.
  3. Getah yang menetes ditampung dalam mangkok plastik yang bagian atasnya ditutup dengan kain blacu yang bersih.
  4. Kemudian getah dikeringkan selama 12-24 jam di dalam alat pengering yang bersuhu sekitar 38 derajat celcius. Hasilnya yaitu papain kasar yang berupa serbuk putih dengan warna kekuning-kunigan. Proses pengeringan ini dapat juga dilakukan dengan cara penjemuran, akan tetapi hasil warnanya kurang baik.

Khasiat buah pepaya


  • Demam Berdarah
Ambillah 2 daun pepaya yang tidak terlalu tua dan berwarna hijau segar, 3-4 jari kunyit, 2-4 jari temuireng, 3-4 pohon meniran ukuran kecil dan garam secukupnya. Semua bahan dicuci bersih kemudian dihaluskan atau diblender dengan memberi air matang secukupnya. Setelah itu , peraslah bahan yang telah dihaluskan terseut. Minumlah ramuan tersebut setiap 4 jam sekali hingga pulih. Ramuan ini tidak memilki efek samping. Dari ramuan tersebut di atas, daun pepaya mempunyai manfaat untuk membunuh virus dan kunyit sebagai antibiotik sedangkan temuireng  berfungsi sebagai penyembuh pada lambung yang luka sekaligus meningkatkan nafsu makan. Daun meniran berguna untuk menaikkan trombosit dan garam bermanfaat menaikkan tekanan darah.atau satu lembar daun pepaya ditambah tempe busuk sebesar ibu jari dan garam secukupnya ditumbuk sampai halus, lalu diperas dan disaring untuk diambil airnya. Diminum satu kali sehari selama tujuh hari berturut-turut.

  • Memperbanyak air susu
Rebuslah buah pepaya yang masih hijau tanpa dikuliti dan dibelah menjadi dua bagian, sebagian direbus dengan air dan sebagian lagi dengan cuka. Air rebusan diminum dua sampai tiga sendok teh setiap hari. Atau bisa juga direbus untuk dijadikan lalapan. Lakukanlah secara teratur.

  • Obat tekanan darah tinggi
Ambillah buah pepaya muda kemudian kupas dan cuci hingga bersih dan diparut. Peras menggunakan saringan dan kemudian air perasanya diminum dengan dosis satu sendok teh (kira-kira 5 cc) atau rebuslah 2 potong akar pepaya dalam satu liter air sampai mendidih, biarkan hingga tinggal satu gelas. Kemudian disaring dan dminum dua kali sehari, dosisnya cukup satu gelas untuk satu kali minum.

  • Kejang perut, beri-beri, sakit panas dan peluruh haid
Ambillah daun pepaya yang masih muda secukupnya kemudian cuci hingga bersih dan rebus dengan air bersih. Angkat dan saringlah rebusan tersebut. Minumlah hingga rasa sakit berkurang dan sembuh.

  • Obat cacingan, mengobati sakit ginjal, penyakit kandung kencing dan sendi-sendi yang sakit atau pegal
Rebuslah 2 potong akar dan satu lembar daun pepaya yang telah ditumbuk halus dalam satu liter air sampai mendidih lalu disaring. Minumlah setiap sore hari sebanyak satu gelas.

  • Menambah nafsu makan, membersihkan darah dan untuk penyembuh sakit kuning
Ambillah bunga pepaya secukupnya kemudian cuci hingga bersih dan rebus dengan air bersih. Angkat dan saringlah rebusan tersebut. Minumlah hingga rasa sakit berkurang dan sembuh.

  • Disentri
Rebuslah 2 lembar daun pepaya muda dan satu sendok teh bubuk kopi dalam satu liter air sampai mendidih, lalu disaring. Minumlah satu kali sehari sebanyak satu cangkir.

  • Diare
Ambillah 7-10 biji buah pepaya lalu dicuci bersih dan dikunyah atau langsung ditelan. Lakukanlah satu kali setiap hari.

  • Sembelit 
Rebuslah satu lembar daun pepaya dalam dua gelas air sampai mendidih hingga tinggal satu gelas, lalu disaring dan diminum.

Semoga bermanfaat baca juga Khasiat kurma muda untuk darah rendah

0 Response to "khasiat buah pepaya muda untuk kesehatan"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak dan membangun dan tetap salalu menjungjung dengan komentar yang baik :) juga terima kasih atas kunjungannya di blog artikel terbuka