khasiat bunga tanaman tapak dara

Tanaman tapak dara


khasiat bunga tanaman tapak dara

Tapak dara (Catharantus roseus) biasanya dijadikan tanaman hias, karena bunganya yang indah, cara penanamannyapun cukup mudah. Tanaman ini mudah dijumpai bahkan disemak-semak rerumputanpun kadang dapat tumbuh dengan subur. Tanaman tapak dara banyak mempunyai khasiat untuk pengobatan. Dalam dunia pengobatan Cinapun, tanaman ini sangat terkenal untuk mengobati penyakit baik ringan maupun akut.

Tanaman tapak dara mempunyai tinggi kurang lebih 80 cm - 120 cm, tumbuh tegak dan kadang bergerombolan dengan tanaman lain. Mempunyai batang bulat, bagian pangkal berkayu, berambut halus dan warnanya merah tengguli serta mempunyai banyak cabang. Tapak dara dapat dibedakan menjadi 2 yaitu dengan warna bungah putih dan merah. Daunnya tunggal, agak tebal dengan tangkainya agak pendek berhadapan bersilang. Daunnya mempunyai helai yang tipis dengan ujung meruncing dan pertualangan menyirip. Permukaan daun mengkilap dan mempunyai rambut yang halus. Perbungaan majemuk, keluar dari ujung tangkai dan ketiak daun dengan 5 helai mahkota bunga berbentuk terompet. Warna bunga ini ada merah dan putih dengan bercak merah ditengahnya. Buahnya buah bumbung berbulu, menggaantung. Mempunyai biji banyak dengan warna hitam. Tanaman Tapak dara mengandung zat vinkrisin, vinrosidin, vinbrasin dan vineurosin.


Khasiat Tapak dara

  • Penyakit Diabetes Mellitus
Ambillah 4 sampai 6 lembar daun Tapak dara cuci hingga bersih dan rebus dengan menggnakan 3 gelas air. Biarkan hingga mendidih dan tersisa setengahnya. Minumlah ramuan tersebut pada pagi hari sebanyak 1 gelas.
Bunga yang digunakan adalah bunga yang masih dalam keadaan kuncup. Ambillah kira-kira 34 sampai 45 gram. Rebuslah dengan menggunakan 3 gelas air hingga mendidih dan tersisa setengahnya. Minumlah 1/2 gelas pada pagi dan sore hari.
  • Penyakit Leukimia
Ambillah kuncup bunga tapak dara 20 hingga 25 gram kemudian rebus menggunakan air kurang lebih 4 gelas dan biarkan mendidih hingga tersisa setengahnya. Cara pengobatannya dengan meminum air rebusan tadi setengah gelas pada pagi dan sre hari.
  • Penyakit Hipertensi atau komplikasi
Untuk mengobati penyakit ini, penggunaannya tidak boleh berlebihan cukup menggunakan 4 hingga 5 lembar daun yang telah dikeringkan terlebih dahulu. Penjemuran dilakukan dibawah terik sinar matahari kurang lebih selama 2 hari.
cara pengobatannya sama seperti penjelasan penyakit Leukimia.
  • Haid tidak teratur
Haid tidak teratur dapat diobati menggunakan akar Tapak dara. Ambillah akar secukupnya dan cuci hingga bersih. Rebuslah dengan menggunakan 5 gelas air hingga mendidih dan biarkan hingga rebusan tersebut menjadi 2 gelas. Saringlah setelah dingin dan minumlah pagi dan sore hari dengan ukuran yang sama.

semoga bermanfaat baca juga  khasiat air tanaman tebu

0 Response to "khasiat bunga tanaman tapak dara"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak dan membangun dan tetap salalu menjungjung dengan komentar yang baik :) juga terima kasih atas kunjungannya di blog artikel terbuka