khasiat tanaman sempu

Sempu

khasiat tanaman sempu

Tanaman sempu (Dillenia indicum) dulu banyak terdapat di Gunung Sempu, Kasihan, Bantul. Namun sekarang mungkin sudah jarang ditemui. Tumbuhan sempu ini adalah asli tumbuhan dari india dan kalimantan. Bisa tumbuh diberbagai macam jenis tanah, tetapi lebih baik di tanah yang sedikit asam dan berpasir. Tetapi biasanya tumbuh dihutan dekat dengan sungai yang panjang dan dalam atau di hutan Jati diatas laut 1100 meter. Tanaman ini bisa juga ditanam sebagai tanaman hias tetapi tidak boleh ditanam ditepi jalan karena dengan buahnya yang besar bila jatuh akan melukai orang sedang lewat dijalan tersebut.

Tumbuhan ini dengan daun yang senantiasa menghijau yang mempunyai tinggi berkisar mencapai 40 meter dengan batang pohonnya bisa mencapai 1,2 meter. Terdapat keret-keret dikulit pohonnya dan coklat oranye. Buahnya terbalut dengan kulit buah yang keras dan besarnya sekitar 12-15 cm dengan kulit hijau ke kuning-kuningan. Sedangkan bijinya banyak, berwarna hitam, bentuknya gepeng dengan tepinya berambut dan sulit untuk dipotong. Tumbuhan ini berkembang biak melalui bijinya. Daunnyapun bisa digunakan untuk pembungkus atau piring sedangkan kulitnya dapat dimanfaatkan sebagai penyegar kulit. Ranting-rantingnya pun tak kalah manfaatnya yaitu bisa digunakan sebagai peralatan rumah tangga. Buah sempu yang belum masak bisa dipetik dan dimasak untuk dijadikan obat-obatan. Sementara buah yang sudah masak bisa dimakan segar dengan rasa manis beraroma jeruk ataupun buahnya juga bisa dimakan dalam bentuk jeli ataupun dijus.


Khasiat Sempu

  • Pencuci perut dan pengobatt penyakit perut, sakit panas dan batuk.
Ambillah buah sempu secukupnya kemudian cuci hinga bersih dan makanlah dalam keadaan segar maupun bisa dibuat jus baru diminum.

semoga bermanfaat baca juga khasiat bunga tanaman tapak dara

0 Response to "khasiat tanaman sempu"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak dan membangun dan tetap salalu menjungjung dengan komentar yang baik :) juga terima kasih atas kunjungannya di blog artikel terbuka