khasiat lada hitam untuk kesehatan

khasiat lada hitam

khasiat lada hitam untuk kesehatan
 sumber gambar lada
lada atau merica adalah (Golothalamus Macrophyllus) adalah salah satu bumbu masak yang mempunyai aroma yang khas. Rasanya cukup pedas dan mempunyai reaksi panas di badan. Tanaman lada biasanya ditemukan di hutan tropis dengan ketinggian di atas 50-1500 meter dpl. Lada banyak dibudidayakan di Thailand, Malaysia , Sumatera. Lada tergolong tumbuhan aphrodisiak yang berarti perangsang nafsu makan. Senyawa boron, calamene dan vacrol yang terdapat pada butiranbuah lada dapat merangsang pengeluaran hormon androgen dan estrogen yang merupakan bekal utama pembangkit gairah seksual pada pria dan wanita. Daun dari tanaman lada adalah lebar, tebal dan halus. Bunganya biasa lepas sendiri-sendiri di dalam kuncup daun. Kulit buahnya halus dan berwarna merah dan berisi satu biji.

Semua bagian dari tanaman lada mempunyai khasiat masing-masing. Di negara Malaysia akar lada dijadikan sebagai obat luar untuk mengurangi kedinginan dan keadaan demam. Daun yang dipanaskan bisa dijadikan ramuan setelah kelahiran anak sebagai tonikum. Khususnya di Jawa, akar lada dapat dibuat infus sebagai penghalau sakit panas akibat tipes. sedangkan pokok daun lada dan dahannya bisa dibakar untuk mengusir nyamuk, ular dan binatang. Bila kita mudah terserang sakit kepala berat dengan gejala seolah-olah kedua elipis, tulang hidung, dan tulang muka serasa ditonjok-tonjok, disarankan untuk sering makan sup krim jagung, asalkan panas dan pedas karena sip tersebut dibubuhi lada sehingga dapat menyembuhkan sakit kepala.

Lada atau merica mengandung zat kavisin yang membawa unsur pedas. Maka dalam tubuh senyawa yang menjadi unsur pedas akan bekerja meredam aktivitas otak saat menerima sinyal rasa sakit yang disalurkan sistem saraf, sehingga rasa sakit akan berkurang dan hilang. Lada juga mampu menghancurkan lendir dalam rongga hidung sehingga baik dikonsumsi penderita sinusitis yang mudah terkena flu dan pilek maka saluran napas akan terasa lega.


Khasiat Lada atau Merica hitam

  • Mengusiar sakit kepala
Ambillah lada sebanyak 5 gram, cengkih 5 butir, 5 gram biji dan 1 jari kayu manis. Semua bahan dicuci dengan air yang bersih kemudian dikeringkan. Setelah kering, tumbuklah hingga menjadi serbuk halus. Ketika akan menggunakan, ambilah secukupnya dan seduh dengan menggunakan air panas kemudian minum selagi hangat.
  • Menanggulangi asma
Ambillah 10 butir lada, 8 lembar daun sirih, untuk ditumbuk hingga halus dan ditambahkan 1 sendok teh minyak kayu putih, aduk hingga merata. kemudian oleskan pada tengkuk dan dada sebagai penghangat tubuh.
  • Mengatasi frigiditas perempuan
Ambillah 5 gram lada, 1 sendok teh jinten, 5 gram pulasari dan 15 gram jahe. Semua bahan direbus dengan air bersih hingga mendidih dan air tinggal setengahnya. Kemudian disaring dan sebelum diminum boleh dicampurkan dengan madu, aduk hingga rata dan minumlah selagi hangat.
  • Pria Impotensi
Ambillah 10 gram lada, 5 gram jahe, 15 gram biji kucai dan 15 gram biji pare kering dan gula merah secukupnya. Semua bahan direbus dengan menggunakan 600 cc air hingga tersisa setengahnya atau 300 cc. kemudian disaring dan diminum.

0 Response to "khasiat lada hitam untuk kesehatan"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak dan membangun dan tetap salalu menjungjung dengan komentar yang baik :) juga terima kasih atas kunjungannya di blog artikel terbuka