manfaat tomat untuk jerawat dan bekas jerawat

Manfaat tomat untuk jerawat

manfaat tomat untuk jerawat dan bekas jerawat
sumber gambat tomat

Tomat (Lycopersicum esculentum Mill) adalah tanaman buah yang banyak ditanam diladang., pekarangan maupun dijadikan tanaman hias yang cukup menarik. Tomat berasal dari negara Amerika tropis. Tanaman obat liar dapat hidup pada ketinggian 1-1600 meter dpl. Tanaman tomat sangat sensitif, tidak tahan terhadap hujan dan terik sinar matahari sehingga dalam penanaman perlu perawatan yang intensif, tanahnya pun harus gembur dan subur.
Tanaman tomat ini tumbuh tegak atau bisa juga menyandar pada tanaman lain, tingginya kurang lebih 0,5 hingga 2,5 meter mempunyai ranting banyak dan pada batangnya terdapat rambut dan baunya cukup menyengat. Batangnya bulat menebal pada buku-bukunya dan berambut kasar warnanya hijau keputihan. Berdaun majemuk menyirip dengan letak berseling berbentuk bundar telur hingga memanjang. Tepi daun bergerigi dan berwarna hijau dengan panjang 10 hingga 40 cm. Bunganya majemuk, berkumpul dalam rangkaian berupa tandan, bertangkai dan mahkota berbentuk bintang, warnanya kuning. Buahnya buah buni, berdaging dan kulitnya tipis licin mengkilap.
Bentuknyapun beragam dan ukurannya puntak sama. Tomat yang belum masak akan berwarna hijau dan setelah masak akan berwarna kuning hingga merah. Bijinya pun cukup banyak, warnanya kuning kecoklatan. Rasa dari buah tomat ada yang manis, masam tetapi cukup besar.
Buah tomat mengandung alkaloid, solanin, asam folat, asam sitrat, asam malat, gula, protein, kalsium, Vitamin A, B dan buah tomat bersifat antibiotik.
Buah tomat selain sebagai sayuran atau buah-buahan juga memberikan manfaat bagi dunia kesehatan. Tomat adalah pencegah usus buntu akut. Tomat dapat meningkatkan basa darah dan membantu memindahkan racun dari sistem peredaran darah. Dan zat lycopern dapat berfungsi sebagai agen antikanker dan antioksidan yang ampuh. Tomat yang ditanam secara organik dan masak secara alami akan mempunyai bau seperti alkalin dan rasanya sedikit masam karena mengandung banyak garam mineral yang dapat meningkatkan nafsu makan dan membuat makanan dapat dicerna lebih baik. Tomat juga bisa berfungsi untuk memperlambat penurunan fungsi mata karena pengaruh usis dan mengurangi risiko radang usus buntu.

Manfaat tomat untuk bekas jerawat

  • Demam
Ambillah tomat sebanyak 3 buah kemudian dicuci dan dipotong-potong seperlunya. Haluskan dan beri setengah cangkir air masak dan satu sendok makan madu murni. Kemudian peras dan saringlah dan minum. Lakukan sebanyak 3 kali sehari.
  • Wasir
Ambillah beberapa buah tomat yang sudah masak kemudian di cuci hingga bersih. Masukkan minyak kelapa dalam panci bersama dengan buah tomat, rebus kurang lebih selama 10 menit. Angkat dan saringlah dengan sepotong kain. setelah cairan itu dingin oleskan pada wasirnya.
  • Sariawan
Ambillah beberapa buah tomat yang sudah masak kemudian dicuci hingga bersih. Panaskan wajan dan berilah minyak ikan yang segar, lalu buah tomat kemudian dimasak. Setelah matang dan dingin, segera dimakan. Makanlah setiap hari selama 1-2 minggu hingga sembuh.
  • Jerawat 
Ambillah beberapa buah tomat yang sudah masak kemudian dicuci hingga bersih. Buatlah buah tomat tersebut menjadi jus kurang lebih 100 ml. Tambahkan 25 ml alkohol 70%, kocoklah hingga tercampur merata. Oleskanlah campuran jus tomat tersebut ke wajah yang berjerawat dengan menggosoknya. Lakukanlah hal ini 2-3 kali sehari.
  • kulit terbakar sinar matahari
 Ambillah beberapa daun tomat yang masih muda dan segar kemudian cuci hingga bersih. Gilinglah atau tumbuk hingga halus. Kemudian tumbukan atau gilingan daun tomat yang masih muda tersebut dibalurkan hingga merata pada kulit yang terbakar sinar matahari tersebut.

Semoga bermanfaat baca juga Manfaat daun jarak untuk obat

0 Response to "manfaat tomat untuk jerawat dan bekas jerawat "

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak dan membangun dan tetap salalu menjungjung dengan komentar yang baik :) juga terima kasih atas kunjungannya di blog artikel terbuka