manfaat tumbuhan pecut kuda

Sekarlaru

manfaat tumbuhan pecut kuda

Sekarlaru atau pecut kuda (Stachytarpheta jamaicensis [L.] Vahl.) adalah termasuk dalam keluarga verbenaceae. Di Jawa Tengah biasa disebut dengan nama ngadirenggo. Tumbuhan pecut kuda bersal dari Amerika tropis dapat ditemukan di daerah cerah, sedang dan sinar matahari pada ketinggian 1.500 meter diatas permukaan laut. Tumbuhan pecut kuda adalah terna tahunan yang tumbuh tegak dengan tinggi mencapai 90 cm. Berdaun tunggal dan bertangkai dengan letaknya berhadapan. Helaian daun berbentuk bulat telur, pangkal menyempit, permukaanya jelas berlekuk-lekuk berwarna hijau tua. Bunganya berwarna ungu dengan waktu mekarnya berbeda-beda, ukurannya kecil. Sedangkan bijinya berbentuk seperti jarum berwarna hitam, berbiji 2. Jika dirasakan akan terasa pahit dan bersifat dingin.

Tumbuhan pecut kuda mengandung zat glikosida, flavonoida dan alkaloid. Bagian yang bisa digunakan dari tanaman ini untuk obat adalah bunga, daun dan akar. Dalam pemakaian bisa dilakukan pengeringan erlebih dahulu. Bagi kaum ibu yang sedang hamil sebaiknya tidk mengkonsumsi ramuan sekarlaru ini karena kemungkinan besar dapat mengakibatkan bayi yang dikandungnya gugur.


Manfaat dan khasiat Pecut kuda

  • Hepatitis A
Ambillah 10 tangkai bunga sekar laru dan cuci hingga bersih kemudian dipotong-potong seperlunya. Masukkan potongan tangkai sekarlaru tersebut kedalam panci perebusan bersama 3 gelas air bersih dan tambahkan pula gula batu secukupnya. Biarkan hingga mendidih dan air tinggal tersisa 1 gelasnya saja. Angkat dan dinginkan, setelah dingin kemudian disaring dan diminum sampai penyakitnya sembuh.
  • Rematik
Ambillah 60 gram seluruh bagian tumbuhan kecuali akarnya sekarlaru yang masih segar kemudian dicuci hingga bersih dan dipotong-potong sesuai keperluaannya. Masukkan potongan tersebut ke dalam panci perebusan bersama 3 gelas air dan rebus hingga mendidih dan air tinggal 1 gelasnya saja. Angkat dan dinginkan, saringlah ramuan tersebut dan minum 2 kali dalam sehari masing-masing 1/5 gelas. Lakukan hingga rematik itu hilang dan sembuh.
  • Keputihan
Ambillah 50 gram akar sekarlaru dan cuci hingga bersih kemudian dipotong-potong sesuai keperluannya. Rebuslah dengan menambahkan 3 gelas air bersih hingga mendidih dan air tersisa hingga 1 gelasnya saja. Setelah dingin kemudian dasring dan air saringan tersebut dibagi menjadi 2 bagian. Minumlah pagi dan sore hari masing-msing 1/2 gelas.
  • Radang tenggorokan
Ambillah seluruh bagian tumbuhan sekarlaru kecuali akarnya yang masih segar, 2 buah kencur dengan ukuran sedang dan 2 siung bawang putih. kupaslah kencur dan bawang putih. Semua bahan dicuci hingga bersih kemudian dipotong-potong seperlunya dan tumbuk hingga halus. Masukkan setengah cangkir air gula sambil diaduk hingga rata. Kemudian peras dan saring. Air perasan tersebut diminum sebanyak 3 kali dalam sehari selama 5 hari hingga sakitnya sembuh.

semoga bermanfaat baca juga manfaat tanaman puring

0 Response to "manfaat tumbuhan pecut kuda"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak dan membangun dan tetap salalu menjungjung dengan komentar yang baik :) juga terima kasih atas kunjungannya di blog artikel terbuka