manfaat daun jarak untuk obat

Daun jarak

Tanaman jarak bisa tumbuh secara liar baik di tanah lapang, semak-semak ataupun tepi jalan. Biasanya tumbuh pada tempat-tempat yang terbuka terkena sinar matahari pada dataran rendah. Tumbuhan daun jarak berasal dari Amerika selatan.

manfaat daun jarak untuk obat
 gambar daun jarak dari wikipedia
Menggunakan daun jarak bisa menimbulkan keracunan. oleh karena itu untuk menghilangkan racun didalamnya dapat dilakukan dengan memanaskan 100 derajat celcius atau selama kurang lebih 20 menit bisa juga direbus selama 2 jam. Tetapi khasiat anti kanker hilang dengan pemanasan. Efek farmakologis dari biji jarak adalah nis, pedas dan netral. Anti radang, pencahar, koreksi prolaps, anti-neoplastik dan menghilangkan racun. Sedangkan akarnya bersifat sebagai penenang, anti reumatik, alkaloid. Daunnya mengandung tanin, calcium oksalat, sulfur, pectipsubstans sedangkan pada batangnya mengandung zat tanin dan sulfur.

Jarak Wulung

Tanaman jarak wulung (Jatropha gossypifolia) adalah tanaman perdu tahunan, tumbuh tegak dan tingginya bisa mencapai 2 meter dengan rambut kelenjar yang kebanyakan berbentuk bintang yang bercabang dan getahnya bersabun. Batangnya berkayu berbentuk bulat dengan warna coklat yang bercabang banyak. Mempunyai daun yang tunggal, bertangkai panjang, helaian daun bulat telur sungsang sampai bulat, terbagi 3-5, tajuk runcing, panjang 7-22 cm, dengan lebar 6-20 cm, serta daun muda berwarna keunguan, sedangkan daun yang telah tua berwarna ungu kecoklatan. Jarak wulung mempunyai bunga majemuk dengan membentuk corong, dengan ukuran kecil dan warnaya keunguan, keluar dari ujung batang. Dalam satu pohon bisa terdapat bunga jantan dan bunga betina. bila berbuah, buahnya berkendaga 3, bulat telur, sedikit berlekuk 3 dengan alur 6 memanjang berwarna hijau dan ketika masak berwarna hitam. Biji dari tanaman ini berwarna coklat kehitaman berbentuk bulat. pada bijinya mengandung minyak yang dapat digunakan untuk lampu. tanaman jarak wulung sering disebut masyarakat Jawa dengan nama Jarak cina.

  

Khasiat Daun Jarak

Penyakit yang dapat diobati dengan daun jarak ini adalah penyakit radang anak telinga, pembengkakan dan penyakit kulit, demam, lepra, sembelit dan perangsang rasa muntah. Daun dari jarak wulung digunakan untuk mengatasi kesulitan buang air besar dan penyakit kulit serta demam.
  • Sakit bengkak
Untuk mengobati bengkak, ambillah daun jarak yang segar untuk dilumatkan kemudian lumatan tersebut ditempelkan pada bagian yang sakit dan bengkak.
  • Demam
Ambillah daun jarak secukupnya kemudian direbus menggunakan air secukupnya. Campurkan air rebusan tersebut pada air yang akan digunakan untuk mandi

Semoga bermanfaat baca juga khasiat bawang merah untuk kesehatan tubuh

0 Response to "manfaat daun jarak untuk obat"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak dan membangun dan tetap salalu menjungjung dengan komentar yang baik :) juga terima kasih atas kunjungannya di blog artikel terbuka