kendalikan pikiranmu

salam sobat blogger kali ini saya akan posting artikel tentang kendalikan pikiranmu.
kendalikan pikiranmu
kendalikan pikiranmu

kendalikan pikiranmu! Demikianlah selalu dinasehatkan oleh orang-orang bijaksana yang memiliki pengetahuan tentang kebenaran. Mengapa? Sebab, pikiran manusai adalah suatu hal yang menentukan keadaan hidupnya. Segala keadaan manusia, senang atau susah, bahagia atau menderita , semuanya berasal dari pikiran-pikirannya. Semuanya ditentukan dan dijadikan oleh pikirannya. Berawal dan berasal dari diri pribadinya sendiri!
Sedangkan pikiran manusia adalah suatu hal yang sangat sulit di kontrol. Pikiran adalah paling bebas, paling cepat datang dan perginya, timbulnya tenggelam tanpa diketahui saat mulai dan selesainya. Dan sangat berbahaya bila dibiarkan mengembara tanpa arah!
Pikiran  manusia yang tidak terkendali dapat diibaratkan bagai seekor ikan yang diangkat dari dalam air kemudian dilemparkan ke darat, menggelepar-gelepar tidak karuan. Demikian pulalah keadaan jiwa orang yang sedang dilanda frustasi atau stres. Dan hal itu tidak bisa dibiarkan begitu saja . Harus ada upaya untuk memberikan pertolongan, bila tidak ingin keadaan menjadi buruk lagi.
Banyak orang cerdas, namun tidak banyak yang menyadari adanya bahaya yang berasal dari kecerdasannya, yaitu pikiran-pikirannya. Sesaat yang lalu barangkali kita sedang disibukkan dengan pikiran tentang urusan di rumah, memikirkan orang tua, saudara, istri atau anak, Dan saat ini kita mulai memikirkan pekerjaan yang menumpuk. Sambil bekerja, tanpa sadar kita memikirkan pula urusan lain, bisnis yang macet, pekerjaan yang tidak beres, tingkah laku teman kerja, bawahan maupun atasan yang kurang menyenangkan. seiring dengan itu timbul tenggelam lagi pikiran tentang urusan di rumah, atau mungkin memikirkan persoalan-persoalan di sekeliling kita yang cukup komplek.
Pada saat situasi pikiran yang timbul tenggelam demikian kadang-kadang kita harus memutuskan sesuatu, atau harus berbuat sesuatu hal. Dan mungkin kita tidak sadar, bahwa hasil dari keputusan-keputusan itulah yang menjadikan dan menentuntukan proses berpikir kita selanjutnya. Hasil dari keputusan-keputusan itulah sebenarnya yang menjadikan dan menentukan keadaan kita selanjutnya!
Akibat dari pikiran yang tidak terarah, maka banyak keputusan-keputusan yang tidak benar, Keputusan yang keliru tersebut menimbulkan beban pikiran baru. Lama-lama bebabn pikiran makin menumpuk, dan pikiran menjadi semakin sulit untuk di kontrol.
 Hilangnya kontrol pikiran menyebabkan pikiran menjadi sering mengembara tanpa arah. Bila hal ini dibiarkan berlarut-larut, maka dapat timbul keadaan pikiran yang sedemikian ruwetnya, sehingga menyebabkan kondisi kejiwaaan yang disebut sebagai stres atau depresi.
Oleh sebab itu, orang-orang bijaksana yang memiliki pengetahuan tentang kebenaran selalu menasehati:

"Kendalikan pikiranmu! pada setiap saat dan di semua temapat. Sebab sesungguhnya, senang atau susah, bahagia atau menderita, semuanya ditentukan oleh pikiran-pikiran sendiri!"

Sejak awal kesadaran hidup manusia, pikiran adalah pemimin, majikan, dan atasan manusia yang sebenarnya. Hal ini tercermin pula dalam ungkapan yang terkenal : "Your mind is your leader". Oleh sebab itu kendalikan dan taklukkan pikiran-pikiran kita. Sebab hanya dengan pikiran yang sudah bisa kita kuasai dengan baik yang dapat menghantarkan kita kepada kehidupan baik yang kita cita-citakan.!
baca juga olah raga dan rekreasi

0 Response to "kendalikan pikiranmu"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak dan membangun dan tetap salalu menjungjung dengan komentar yang baik :) juga terima kasih atas kunjungannya di blog artikel terbuka